Advertisement

Begini Perkembangan Pendataan Lahan di Kulonprogo yang Akan Dilewati Tol Jogja YIA

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 03 Maret 2023 - 19:32 WIB
Budi Cahyana
Begini Perkembangan Pendataan Lahan di Kulonprogo yang Akan Dilewati Tol Jogja YIA Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). Tol Jogja Solo Seksi 3 akan dibangun dari Sleman sampai Bandara YIA di Kulonprogo. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lahan di Kulonprogo yang akan dilewati Tol Jogja Solo Seksi 3 atau Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) masih didata.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan Jalan Tol Jogja YIA Dian Ardiansyah mengatakan pendataan awal tanah warga terdampak Tol Jogja YIA akan berlangsung hingga 8 Maret 2023. 

Advertisement

"Pendataan awalnya untuk Kabupaten Kulonprogo masih sampai dengan 8 Maret," katanya, Jumat (3/2/2023).

Dian tidak menyebut secara pasti jumlah tanah karakteristik khusus di wilayah Kulonprogo yang terkena Tol Jogja Solo Seksi 3. Dia menyampaikan data luas tanah karakteristik khusus ada di Dispertaru DIY. "[Tanah karakteristik khusus di Tol Jogja YIA] pasti ada, tapi nantinya akan direkapitulasi lagi oleh Dispertaru," ucapnya.

BACA JUGA: Senang Dilewati Tol Jogja YIA, Warga Sedayu Bantul Minta Ganti Rugi Lahan Melebihi Harga Pasar

"Kalau karakteristik khususnya di mana-mana pasti ada." 

Sementara, jadwal konsultasi publik untuk tanah yang akan dibebaskan demi Tol Jogja YIA di Kabupaten Sleman dan Bantul telah dimulai 28 Februari 2023 dan berlangsung sampai dengan 15 Maret 2023. 

BACA JUGA: Tanah Sultan Akan Disewa dengan Hak Pakai 40 Tahun untuk Tol Jogja Bawen, Ini Respons HB X

Dian menyampaikan konsultasi publik yang telah berjalan hingga saat ini berlangsung dengan lancar. "Mayoritas warga sudah setuju ada pembangunan Tol Jogja Solo Seksi 3," katanya. 

"Konsultasi publik tujuannya meminta persetujuan atau kesepakatan. Kami berdiskusi dengan warga untuk menentukan ke depan bagaimana. Warga juga harus banyak bertanya," katanya.

Sementara, pemberian ganti rugi untuk tanah warga yang masuk dalam trase atau jalur Tol Jogja Solo telah mencapai sekitar 74%.  "Kami menargetkan pemberian uang ganti rugi untuk Tol Jogja Solo Seksi 1 dan sebagian Seksi 2 selesai tahun 2023 ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Bone Bernama Turbo, Milik Anggota TNI

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement