Advertisement

Ribuan Warga Miskin Ekstrem di Kota Jogja Diduga Kebanyakan Lansia

Anisatul Umah
Senin, 20 Maret 2023 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Warga Miskin Ekstrem di Kota Jogja Diduga Kebanyakan Lansia Ilustrasi lansia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemerintah Kota (Pemkot) Jogja mencatat ada 13.151 jiwa atau 3.674 KK warganya masuk ke dalam kriteria miskin ekstrem. Miskin ekstrem artinya warga Jogja yang tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar. Seperti makanan, air minum bersih, sanitasi layak, kesehatan, dan tempat tinggal. Dengan angka harapan hidup yang tinggi, benarkah warga Kota Jogja yang miskin didominasi lansia?

Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi menyampaikan kemungkinan masyarakat miskin ekstrem di Kota Jogja didominasi warga lansia. Menurutnya Kota Jogja itu anomali, di sisi lain angka harapan hidup tinggi, indeks kebahagiaan tinggi, namun kemiskinan juga tinggi.

Advertisement

"Kelihatannya itu [miskin ekstrem didominasi lansia]. Kalau definisi kemiskinan ekstrem itu kecukupan makan, kesehatan," ucapnya ditemui di Kantor Wali Kota Jogja, Senin (20/3/2023).

Menurutnya indikator kemiskinan yang digunakan secara nasional kurang cocok dengan gaya hidup warga Jogja. Misalnya indikator ketercukupan gizi, padahal orang Jawa dan Jogja khususnya suka prihatin dan tirakat seperti puasa. Sehingga dianggap kurang asupan, padahal mereka punya aset.

Lalu indeks konsumsi, padahal orang di Jogja lebih hemat. Untuk kebutuhan sayur mayur kadang bisa mengambil dari pekarangan, butuh protein makan dari ayam yang dipelihara dan lainnya.

"Kriteria kemiskinan gak bisa diberlakukan menyeluruh. Di Jogja dengan karakter masyarakat yang suka hemat dan laku prihatin," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Jogja, Agus Tri Haryono mengatakan angka kemiskinan pada 2022 di Kota Jogja sebesar 6,62 persen. Turun 1,07 persen dibandingkan 2021 sebesar 7,69 persen. Tahun ini ditargetkan angka kemiskinan akan turun menjadi 6,61 persen.

BACA JUGA: Kronologi Penemuan Perempuan Jogja Meninggal Dimutilasi di Sleman, Datang ke Hotel Bersama Pria

Dia menjelaskan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) salah satunya untuk mengakomodir penanggulangan kemiskinan melalui pembangunan. Termasuk di dalamnya usulan dari lintas sektor untuk memecahkan masalah pembangunan yang berorientasi pada penanggulangan kemiskinan.

"Untuk yang miskin ekstrem setelah melakukan cleansing dengan memadankan data ada 13.151 jiwa [miskin ekstrim] atau 3.674 KK," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement