Advertisement

Dua Rumah di Gunungkidul Terbakar di Hari Pertama Puasa

David Kurniawan
Jum'at, 24 Maret 2023 - 10:27 WIB
Jumali
Dua Rumah di Gunungkidul Terbakar di Hari Pertama Puasa Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran, BPBD Gunungkidul mencatat ada dua rumah terbakar pada awal puasa 2023. Oleh karena itu, masyarakat diminta waspada terhadap potensi kebakaran dengan melakukan upaya pencegahan.

BACA JUGA: Rumah Terbakar, Petani Gunungkidul Dapat Bantuan

Advertisement

Pencegahan dapat dilakukan dengan memastikan matinya sumber api pada saat meninggalkan rumah. Selain itu, warga juga diimbau melakukan pengencekan instalasi listrik secara berkala.

Kepala Tata Usaha, UPT Pemadam Kebakaran, BPBD Gunungkidul Ngadiyono mengatakan, kebakaran di hari pertama puasa terjadi di Dusun Karanganyar, Ngalang, Gedangsari pada Kamis (23/3/2023) pagi. Pada saat kejadian, pemilik rumah sedang salat Subuh berjamaah di musala.

Kebakaran lainnya terjadi pada Kamis petang sekitar pukul 18.30 WIB. Sebuah rumah di Dusun Pucung, Candirejo, Semin dilaporkan terbakar. Rumah bagian belakang milik Sumiyati hangus terbakar karena dilalap api.

Berdasarkan hasil dan pemeriksaan, kebakaran diduga terjadi karena proses mematikan tungku untuk memasak bubur tidak mati sempurna. Akibatnya, percikan api dari kayu pembakaran menyala kembali dan merembet ke bangunan rumah.

“Korban tidak berada di rumah karena sedang mengikuti kegiatan buka bersama dan salat Magrib berjamaah di masjid,” katanya kepada wartawan, Jumat (24/3/2023).

Meski demikian, Ngadiyono memastikan di dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Sebab, kerugian hanya sebatas material mulai dari bangunan hingga perabotan didalam rumah.

“Mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran lagi. Namun, kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadainya seperti rutin mengecek instalasi listrik serta mematikan sumber api saat meninggalkan rumah,” katanya.

Ditambahkan dia, selain kebakaran rumah, pada Kamis malam juga ada kebakaran yang disebabkan karena putusan jaringan kabel milik PLN di Kalurahan Kepek, Saptosari. Ngadiyono memastikan kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan kerusakan karena lokasinya berada di jalan.

“Putusanya kabel ini memicu terjadnya kobaran api, tapi sudah dilaporkan ke PLN dan sudah ditangani,” katanya.

Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto mengatakan, untuk kebakaran di Dusun Pucung, Semin sudah tertangani beberapa jam setelah kejadian. Meski demikian, korban harus merelakan sejumlah barang yang dimiliki karena dilalap api.

“Memang tidak ada korban jiwa, tapi kerugian diperkirakan mencapai Rp150 juta. Kami berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga kejadian yang sama tidak terulang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement