Advertisement

DIY Kerahkan Tim Reaksi Cepat untuk Antisipasi Bencana saat Mudik Lebaran 2023

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 26 Maret 2023 - 21:47 WIB
Sunartono
DIY Kerahkan Tim Reaksi Cepat untuk Antisipasi Bencana saat Mudik Lebaran 2023 Foto ilustrasi alat berat dikerahkan untuk melakukan pembersihan material longsoran di jalur Piyungan/Patuk. / Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Lilik Andi Aryanto menyampaikan pihaknya bersama dengan tim sukarelawan akan bersiaga terkait potensi kejadian bencana yang terjadi selama arus mudik dan balik lebaran 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Mudik Lebaran, Pemerintah Batasi Bus Parkir di Terminal Jombor

“Kami bersama dengan sukarelawan sudah komunikasi dengan tim sukarelawan di saat besok menjelang mudik, maupun balik. TRC, dan Pusdalops akan siaga 24 jam,” ucapnya, Minggu (26/3/2023). 

Selain itu, tim sukarelawan juga akan membentuk sejumlah posko selama arus mudik dan balik tahun ini. Ada pula posko gabungan dengan kepolisian serta Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. Terkait jumlah posko yang akan didirikan, dia belum dapat memastikan jumlahnya.  

Sejumlah jalur rawan bencana pun sedang dalam upaya pemetaan. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY. “Dari Dinas PUP ESDM DIY memetakan, nanti kami akan koordinasi dengan Dinas PUP ESDM DIY,” katanya. 

BACA JUGA : Pemudik Mau Lewat Jogja? Ini Strategi Hindari Kemacetan

Dia pun mengatakan jalur utama yang dilintasi pemudik sebagian besar aman, sedangkan untuk jalur wisata, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD serta relawan di kabupaten/kota terkait. 

Jalur utama sebagian besar aman. Untuk Jalur wisata, terutama di daerah Dlingo, ini nanti akan komunikasi dengan relawan khususnya di Kabupaten Bantul khususnya membantu wisatawan yang berkunjung di daerah tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement