Advertisement

Kulonprogo Adakan Banyak Operasi Pasar, Ini Jadwal dan Lokasinya

Andreas Yuda Pramono
Senin, 27 Maret 2023 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Kulonprogo Adakan Banyak Operasi Pasar, Ini Jadwal dan Lokasinya Ilustrasi harga bahan pokok. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulonprogo akan melakukan operasi pasar untuk mengendalikan inflasi. Operasi pasar akan digelar mulai akhir Maret hingga April.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kulonprogo, Endang Zulywanti, mengatakan operasi pasar akan menargetkan 12 kecamatan atau kapanewon.

Advertisement

“Kami akan melakukan operasi pasar di bulan Ramadan pada 12 kapanewon,” kata Endang saat dihubungi, Minggu (26/3/2023).

Endang menambahkan Disdagin akan memberikan subsidi sebesar Rp5.000 per kilogram atau per liter. Komoditas dijual dalam bentuk paket. Disdagin juga akan menggelar pasar murah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata DIY dengan beberapa komoditas dengan berat total 10 ton.

"Operasi pasar yang akan dilaksanakan pada 10-14 April nanti akan ada kuota 5.000 paket dengan 1 paket berisi 2 liter minyak goreng dan 2 kg tepung terigu," ujarnya.

Sebelumnya, dalam mengendalikan inflasi, Disdagin bekerja sama dengan Perum Bulog untuk menjuak beras. 

Penjualan beras telah dilaksanakan di 27 lokasi di sepuluh kecamatan seperti Wates, Galur, Lendah, Pengasih, Temon, Kokap, Sentolo, Samigaluh, Nanggulan, dan Girimulyo. Realisasi penyaluran beras mencapai 53.160 kilogram.

“Selain itu, kami juga telah menjalin kerja sama dengan distributor oli kami dengan sasaran para pedagang pasar. Ada 21 pasar yang minyak kita mengalami penurunan, dengan realisasi penurunan mencapai 87.012 liter per 20 Maret 2023," ujarnya.

Endang mengatakan, rata-rata harga bahan pokok hingga 24 Maret 2023 cenderung stabil. Seperti beras IR I yang masih Rp 11.900 per kilogram, lalu tepung segitiga biru dengan harga Rp 12.750 per kilogram.

“Beras IR II, gula madukismo, minyak goreng premium dan curah, daging sapi spesial, dan rendang daging sapi harga tetap,” lanjutnya.

Ada enam komoditas yang mengalami penurunan harga seperti daging ayam ras, cabai merah keriting, cabai rawit merah, tomat sayur, bawang putih, dan kentang. Penurunannya tidak signifikan. Selain ayam ras yang turun Rp500 dan bawang putih Rp300, sisa penurunan hanya menyentuh Rp100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Tegaskan Serangan Darat Israel ke Rafah Tak Dapat Ditoleransi

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement