Advertisement

Dishub Bantul Temukan Banyak Jip Wisata Tak Layak Jalan, Ini Rekomendasinya

Ujang Hasanudin
Minggu, 02 April 2023 - 06:37 WIB
Sunartono
Dishub Bantul Temukan Banyak Jip Wisata Tak Layak Jalan, Ini Rekomendasinya Wisatawan berfoto bersama di atas jip di Pantai Parangtritis, beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul telah memeriksa kelayakan kendaraan untuk menyambut pemudik dan wisatawan selama libur Lebaran 2023 mendatang, termasuk kendaraan jip wisata.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dishub Bantul Suyamto mengatakan dari hasil pemeriksaan kendaraan, beberapa waktu lalu untuk bus AKAP, AKDP, Trans Jogja, dan bus pariwisata semuanya aman baik dari sisi fisik maupun administrasi. Sementara untuk jip wisata banyak rekomendasinya.

Advertisement

BACA JUGA : Sempat Sepi karena Erupsi, Wisata Jip Merapi Kini Ramai Lagi

Jip Parangtritis banyak rekomendasi yang harus ditindaklanjuti di Parangtritis, kebanyakan keselamatan keamanan penumpang, sabuk pengaman tidak lengkap, helm tidak ada, kadang ada oli rem tipis, lampu-lampu kendaraan banyak tidak fungsi. Administrasi kebanyakan STNK pada mati,” katanya, saat dihubungi Sabtu (1/4/2023).

Namun tidak semua jip yang tidak laik jalan, “Dari 50-an unit yang kami periksa, ada 15-an yang tidak layak jalan,” ujarnya.

Selain melakukan cek fisik dan administrasi kendaraan, Suyamto juga mengimbau kepada para pelaku wisata jip untuk mematuhi trak atau jalur yang sudah ditentukan. Tidak diperkenankan untuk masuk ke jalan raya dan juga sampai ke luar area Bantul.

Hal itu untuk keamanan dan keselamatan pelaku wisatawan maupun pengelola jip wisata. Sebagaimana diketahui kecelakaan jip terjadi di wilayah Kapanewon Purwosari, Gunungkidul pada awal Desember 2022 lalu. Dalam peristiwa nahas tersebut, satu orang meninggal dunia sementara sopir dan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka.

BACA JUGA : Merapi Erupsi, Ini Rute Baru Jip Lava Tour yang Diklaim Aman

Dalam kasus tersebut, jip wisata tidak seharusnya melayani penumpang hingga ke Purwosari, Gunungkidul dan hanya di sekitar kawasan Pantai Parangtritis. “Untuk jip wisata Parangtritis tetap kami menyarankan di jalur yang sudah ada, jangan di luar jalur, apa pun permintaan penumpang jangan dikasih, biar tidak keluar dari jalur,” imbuhnya.

Ketika kelengkapan keamanan dan keselamatan sudah ada, namun terkadang penumpang tidak mempedulikannya, seperti tidak mau mengenakan helm, tidak mau mengenakan sabuk pengaman. Terkait hal tersebut sopir jip diminta untuk selalu mengedukasi keselamatan penumpang atau wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement