Advertisement

Libur Paskah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik

Ujang Hasanudin
Senin, 10 April 2023 - 21:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Paskah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik Wisatawan membeli ikan segar di Pasar Ikan Segar Pantai Depok Parangtritis, Bantul, Selasa (19/6/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kunjungan wisatawan ke Bantul mengalami kenaikan cukup signifikan pada pekan lalu jika dibanding dengan pekan sebelumnya. Kenaikan kunjungan wisatawan tersebut dampak dari liburan Paskah.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mencatat pada 3-9 April 2023 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 11.533 orang dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp111 juta. Sedangkan kunjungan pada akhir pekan, yakni 7-9 April mencapai 8.413 orang dengan pemasukan PAD Rp81 juta.

Advertisement

BACA JUGA: Baru Triwulan Pertama Tahun Ini, Pantai Glagah Sudah Hasilkan Pendapatan Rp500 Juta

Sementara kunjungan satu pekan sebelumnya, terhitung 27 Maret-2 April 2023 sebanyak 7.065 wisatawan dengan PAD Rp68 juta. Kunjungan saat akhir pekan yakni pada 31 Maret-2 April mencapai 5.079 orang dengan pemasukan PAD mencapai Rp49 juta.

“Jadi memang ada kenaikan kunjungan wisatawan pada satu pekan kemarin hingga 63 persen dibandingkan satu pekan sebelumnya,” katanya, Senin (10/4/2023).

Ia mengatakan peningkatan kunjungan wisatawan pada akhir pekan lalu disebabkan libur Paskah dan libur akhir pekan selama tiga hari. “Kenaikan kunjungan wisata ke Bantul ini dikarenakan adanya libur Paskah,” ucapnya.

BACA JUGA: Penyandang Disabilitas Diajak Keliling Tempat Wisata

Kenaikan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang dikelola oleh Pemkab ini juga dirasakan oleh pelaku usaha kuliner di pantai. Pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok, Dardi Nugroho mengatakan memasuki minggu kedua Ramadan ini warung kuliner khususnya di pantai tersebut mulai ramai, terutama saat sore hari.

Dia menilai Ramadan tahun ini lebih ramai jika dibanding Ramadan tahun lalu, “Ya lebih ramai dengan acara-acara buka puasa bersama. Ini warung saya uga banyak pesanan terutama di akhir pekan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement