Advertisement

Pantai Glagah Kulonprogo Masih Sepi Pengunjung

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 22 April 2023 - 18:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Pantai Glagah Kulonprogo Masih Sepi Pengunjung Peringatan untuk tidak mandi di laut di Pantai Glagah. - Instagram/@sarglagah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO–Kawasan wisata Pantai Glagah sepi pengunjung pada hari Lebaran, Sabtu (22/4/2023). Padahal Pantai Glagah menjadi destinasi wisata yang menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Kulonprogo.

Petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah, Gathot Prayogo, mengatakan belum ada peningkatan pengunjung yang signifikan selama libur Lebaran.

Advertisement

"Kemarin saja ketika libur Lebaran Muhammadiyah, jumlah pengunjung di Pantai Glagah hanya mencapai 1.497. Kalau hari ini sampai pukul 14.00 WIB, jumlah pengunjung mencapai 1.458. Paling tidak hari ini prediksi saya akan ada sekitar 2.000 sampai 2.500 pengunjung," kata Gathot ditemui di TPR Pantai Samas pada Sabtu (22/4/2023).

Gathot menambahkan angka tersebut jauh berbeda dengan libur akhir pekan biasa yang dapat mencapai angka 3.000 sampai 4.000 pengunjung. Terkait dengan retribusi, Gathot mengatakan per pengujung harus membayar Rp6.000.

Guna menarik pengunjung, Gathot menerangkan bahwa Dinas Pariwisata telah menyiapkan beberapa agenda seperti di Dermaga Wisata Glagah akan ada pentas wayang istimewa pada Jumat 28 April 2023.

Lebih jauh Gathot menjelaskan bahwa akses masuk ke Pantai Glagah terlalu sempit. Karena itu, apabila pengunjung banyak berdatangan, akan terjadi kemacetan.

"Pertama-tama, Pantai Glagah dari dulu itu menjadi penyumbang PAD terbesar di Kulonprogo. Hanya saja memang ada keterbatasan di sini yaitu terkait akses jalan atau infrastruktur jalan. Setiap kali ada kegiatan tahun baru atau Lebaran kami selalu terkendala dengan kemacetan karena jalannya sempit," katanya.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, mulai dari pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB, tidak banyak pengunjung yang datang berwisata. Hanya ada beberapa pengujung yang masuk baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Kebanyakan mobil yang masuk berkode pelat AB, kendati ada juga yang berkode pelat B, meski tidak banyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement