Advertisement

Miris! Akibat Lapuk, Rumah Nenek Sebatang Kara di Bantul Ambruk

Yosef Leon
Rabu, 03 Mei 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Miris! Akibat Lapuk, Rumah Nenek Sebatang Kara di Bantul Ambruk Warga bergotong royong membersihkan material rumah warga yang roboh akibat lapuk di Dusun Gayam RT 02, Jatimulyo, Dlingo, Rabu (3/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebuah rumah warga lansia di Dusun Gayam RT 02, Jatimulyo, Dlingo, ambruk lantaran sudah lapuk akibat dimakan rayap Rabu (3/5/2023) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. 

Tumirah, 85, si pemilik rumah saat itu tengah membersihkan kediamannya. Lansia yang tinggal sendirian di rumahnya itu dan tiba-tiba mendengar suara retakan kayu dari atap rumahnya itu. 

Advertisement

Manajer Pusdalops BPBD Bantul Aka Lukluk Firmansyah menjelaskan, Tumirah langsung lari ke luar rumah sesaat setelah mendengar retakan kayu dari atap rumahnya itu untuk menyelamatkan diri. "Pemilik rumah tidak terkena reruntuhan kayu karena langsung cepat menyelamatkan diri," jelasnya. 

BACA JUGA: Atap Sekolah Ambruk di Gunungkidul, Kontraktor Dihukum 14 Bulan

Tak sampai beberapa detik setelah Tumirah lari ke luar, rumah pun langsung roboh rata dengan tanah. Rumah semi permanen itu memang sepenuhnya dibangun dengan kayu dan anyaman bambu. "Rumah yang dihuni tersebut roboh diduga karena kayu yang sudah lapuk," ungkap Aka. 

Tetangga Tumirah yang melihat kejadian itu lantas melaporkan ke BPBD setempat. Petugas yang datang bersama warga setempat kemudian bergotong royong membersihkan material bangunan. "Untuk sementara Tumirah mungkin akan mengungsi di rumah tetangga sambil menunggu rumah diperbaiki kembali," pungkas dia. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement