Advertisement

Kemenpora Gelar Pelatihan TOT Penanganan Bencana Bagi Pemuda di DIY

Sunartono
Senin, 15 Mei 2023 - 23:47 WIB
Sunartono
Kemenpora Gelar Pelatihan TOT Penanganan Bencana Bagi Pemuda di DIY Peserta pelatihan training of trainers (TOT) kebencanaan bagi perwakilan pemuda di wilayah DIY melakukan foto bersama dengan pemateri dan pejabat Kemenpora RI, Senin (15/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Deputi Bidang Pengembangan Pemuda melalui Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar pelatihan training of trainers (TOT) bagi perwakilan pemuda di wilayah DIY, Senin (15/5/2023) hingga Rabu (17/5/2023).  Kegiatan bertujuan agar pemuda memiliki kemampuan menjadi sukarelawan Siaga Bencana itu dihelat di The Cangkringan Jogja Villa & Hotel, Sleman yang masih berada di sekitar Merapi.

Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Profesor Asrorun Ni'am Sholeh yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Edi Nurinda Susila, Senin (15/5/2023) malam. Hadir dalam pembukaan di antaranya Kepala Disdikpora DIY Didik Wardoyo dan Kepala Badan Pemuda dan Olahraga DIY Priyo Santoso.

Advertisement

BACA JUGA : Bantul Jadi Tuan Rumah Simulasi Respons Bencana

Pelatihan kebencanaan itu melibatkan perwakilan organisasi di antaranya Pemuda Pepelingasih (Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih), Pemuda Muhamadiyah, BPBD DIY, Sukarelawan Siaga Bencana dan Satgas Tanggap Bencana di wilayah DIY.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Edi Nurinda Susila menjelaskan kegiatan TOT ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas pemuda sukarelawan siaga bencana dalam mengimplementasikan kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana. DIY merupakan provinsi ketiga menjadi sasaran pelatihan TOT setelah sebelumnya digelar di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

“Melalui kegiatan ini harapannya komunitas dan organisasi pemuda bisa ikut meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi berbagai potensi kebencanaan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Adapun materi yang diberikan melalui diskusi dan ceramah antara lain terkait pertolongan di darat dan air, tindakan mitigasi bencana dan mekanisme penanggulangan bencana  baik saat pra bencana, saat bencana, dan pascabencana. Selain itu ada materi praktik di lapangan.

“Pelatihan melibatkan berbagai unsur seperti BNPB, Basarnas. Bentuknya ada yang indoor dan outdoor dengan simulasi di lapangan,” katanya.

BACA JUGA : Sekolah Aman Bencana di Bantul Perlu Perhatikan Penanganan

Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda Zaenal Aminin menambahkan para pemuda tersebut diarahkan memiliki kemampuan menjadi sukarelawan bencana, mengingat DIY termasuk daerah rawan bencana dan beberapa kali ada peristiwa bencana. Melalui TOT itu ditargetkan ada pemuda yang memiliki kemampuan penanganan bencana.

“Kami ingin anak muda tanggap dan memiliki jiwa kepedulian terhadap bencana alam. Sasaran kami anak muda usia 16 sampai 30 tahun sesuai dengan UU Kepemudaan itu ranahnya di Kemenpora,” ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan itu akan digelar secara berkelanjutan dengan menyasar pemuda yang sebelumnya telah dilatih dan diberikan pelatihan lanjutan pada tahun berikutnya. Sehingga para pemuda yang menjadi perwakilan di organisasi maupun komunitasnya memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan transfer pengetahuan kepada teman-temannya.

“Kami mengusulkan ke BNPB agar anak yang sudah diberikan pelatihan berkelanjutan dan memiliki bekal untuk menjadi sukarelawan bencana, nanti ke depan diberi seragam pemuda sukarelawan bencana dari Kemenpora. Sehingga pemuda ini bisa memberikan bantuan ketika terjadi bencana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement