Advertisement

Ada Perbaikan, Ruas Jalan Jogja-Purworejo Terapkan Sistem Buka-Tutup

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 21 Mei 2023 - 07:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Ada Perbaikan, Ruas Jalan Jogja-Purworejo Terapkan Sistem Buka-Tutup Warga di Dukuh Sidodadi, Desa Pepe, Kecamatan Ngawen mendirikan tenda di antara puing bangunan yang dieksekusi, Kamis (11/5 - 2023). / Solopos.com / Taufiq Sidik Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sistem buka-tutup diberlakukan di jalan Jogja-Purworejo atau depan PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wates. Kebijakan tersebut diambil karena ada perbaikan jalan di lokasi tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Provinsi DIY, Ersy Perdhana mengatakan bahwa perbaikan jalan tersebut dilakukan karena aspal di ruas jalan tersebut telah rusak atau pecah akibat beban kendaraan yang sering berhenti.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Jalan Provinsi DIY yang Rusak dan Akan Diperbaiki Tahun 2023

“Di ruas jalan itu kan memang banyak kendaraan yang berhenti, karena di sana kan ada lampu perhentian. Kalau kendaraan jalan terus malah tidak masalah, soalnya beban kendaraan dapat dipecah. Kalau berhenti ya bebannya berkumpul di satu titik,” kata Ersy dihubungi pada Sabtu (20/5/2023).

Katanya, perbaikan jalan tersebut satu paket dengan perbaikan jalan di sepanjang ruas jalan sampai perbatasan Jawa Tengah di sisi barat. Termasuk perbaikan jalan di depan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Karena penggunaan aspal rawan rusak, maka sebagai gantinya material beton dipakai untuk mengganti aspal baik di depan PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wates maupun di depan YIA.

“Perbaikan jalan itu sampai Jogja juga dengan total anggaran Rp130 miliar. Tapi beda paket dengan perbaikan jalan Jogja-Wates atau jalan nasional di Sentolo itu,” katanya.

Jelasnya, kontrak perbaikan sejak akhir tahun 2022, hanya saja perbaikan baru dapat dilakukan awal tahun 2023. Khusus di Kulonprogo, perbaikan jalan merentang sejauh sekitar 10 kilometer dan akan selesai akhir tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement