Advertisement

Potensi Pemasukan Pelabuhan Tanjung Adikarto Rp574 Miliar Per Tahun, Tapi...

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 26 Mei 2023 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Potensi Pemasukan Pelabuhan Tanjung Adikarto Rp574 Miliar Per Tahun, Tapi... Pelabuhan Tanjung Adikarto. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo mengatakan bahwa Pelabuhan Tanjung Adikarto dapat menghasilkan Rp574 miliar per tahun. Pemasukan tersebut bisa tercapai dengan syarat pelabuhan Adikarto dapat berfungsi maksimal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Trenggono Trimulyo mengatakan bahwa jawatannya mendukung penuh pelabuhan tersebut sebagai pelabuhan perikanan Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA: Dibangun sejak 2007, Tanjung Adikarta Masih Saja Mangkrak

"Memang beralasan kami mengatakan seperti itu, karena Tanjung Adikarto akan menyerap tenaga setidaknya 20 orang dan memuat 400 kapal yang mampu menangkap ikan sebanyak 27.000 ton per tahun dengan nilai Rp574 miliar per tahun. Dengan begitu dapat menambah PAD [Pendapatan Asli Daerah] juga," kata Trenggono dihubungi pada Jumat (26/5/2023).

Kendati demikian, Pelabuhan Tanjung Adikarta yang terletak di Kalurahan Karangwuni, Kapanewon Wates justru mangkrak. Trenggono menjelaskan sedimentasi menjadi faktor utama penghambat kapal untuk masuk. Karena itu pelabuhan tersebut belum dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

"Faktor utama sejak didirikan pelabuhan itu ya sedimentasi. Sewaktu sedimennya dikeruk, sekitar satu sudah menutup lagi di muaranya. Bahkan, kapal motor tempel tidak bisa masuk," katanya.

Trenggono memberikan saran ada dibangun pemecah air di sisi timur mengingat arah angin yang berasal dari timur mempercepat sedimentasi.

BACA JUGA: Sudah Kuras Rp450 M tapi Mangkrak, Menteri Luhut Bicara Nasib Pelabuhan Tanjung Adikarto

Ketika Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Laksda TNI Antongan Simatupang mengunjungi Pelabuhan Tanjung Adikarto pada Kamis 25 Mei 2023, dia menginginkan pelabuhan tersebut dilanjutkan sebagai pelabuhan perikanan Indonesia. Katanya, perlu adanya diskresi peraturan yang memungkinkan adanya kewenangan daerah terhadap pengelolaan pelabuhan seperti penanganan sedimentasi pada muara dermaga dan kewenangan teknis lain.

"Dengan begitu Pelabuhan Tanjung Adikarto segera beroperasi. Nah, penanganan sedimentasi [pengerukan] disesuaikan dengan kapasitas kapal 150GT," kata Simatupang dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan laut selatan merupakan jalur migrasi tuna dari Madagaskar ke laut Banda dan sebaliknya. Karena itu, Kabupaten Kulonprogo sangat potensial menjadi wilayah penangkapan tuna. Bahkan, katanya tuna tersebut dapat diekspor melalui kargo udara Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Simatupang berharap Kulonprogo dapat meniru kapal candik bambu di Filipina yang memiliki teknologi sederhana dalam kapal yang terbuat dari bahan bambu dilengkapi GPS (Global Positioning System) atau sistem navigasi berbasis satelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement