Advertisement

Mitigasi Bencana, BPBD Bantul Bentuk 3 Kaltana Baru

Yosef Leon
Jum'at, 02 Juni 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Mitigasi Bencana, BPBD Bantul Bentuk 3 Kaltana Baru Ilustrasi bencana longsor.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul memfasilitasi pembentukan Kalurahan Tangguh Bencana (Kaltana) untuk tiga kalurahan yang tersebar di tiga Kapanewon. Pembentukan ini bertujuan untuk meningkatkan mitigasi bencana kepada masyarakat.

Kepala BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan ketiga kalurahan tersebut yakni Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro; Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan; dan Kalurahan Karangtalun, Kapanewon Imogiri.

Advertisement

"Kegiatan sosialisasi pembentukan Kaltana telah dimulai sejak 29 Mei 2023. Selanjutnya, masing-masing kalurahan akan didampingi dalam menyusun dokumen rencana penanggulangan bencana dan dokumen rencana kontingensi tingkat kalurahan," ujarnya, Jumat (2/6/2023).

BACA JUGA: Ombudsman RI DIY: Pengganti ASPD Jangan Dijadikan Indikator PPDB agar Siswa Tidak Terbebani

Menurutnya, proses penyusunan dokumen dilakukan secara partisipatif yakni melibatkan Forum Penanggulangan Fisiko Bencana (FPRB) di masing-masing kalurahan, dengan jumlah peserta masing-masing kalurahan sebanyak 30 orang. Setiap proses kegiatan akan didampingi oleh fasilitator dari BPBD Bantul.

"Kaltana kami harapkan bisa berkolaborasi dengan FPRB untuk terus membangun ketangguhan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana," kata dia.

Manajer Pusdalops BPBD Bantul, Aka Lukluk Firmansyah mengatakan total ada 45 Kaltana yang sudah terbentuk dari 75 kalurahan yang ada di Bantul. Program ini akan berupaya terus diperluas ke setiap kalurahan guna memaksimalkan mitigasi bencana warga. "Ini program kerja sama dengan BPBD DIY. Kami melihat dan memilih kalurahan mana yang paling siap dari sisi peraturan dan juga sumber daya manusianya untuk dibentuk Kaltana," ujar Aka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Ketua TPN Ganjar, Arsjad Rasjid Berhenti Sementara dari Kadin Indonesia

News
| Rabu, 27 September 2023, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement