Advertisement

PAW Mendiang Suyanto Anggota DPRD Gunungkidul Tunggu Usulan Partai Politik

David Kurniawan
Selasa, 06 Juni 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
PAW Mendiang Suyanto Anggota DPRD Gunungkidul Tunggu Usulan Partai Politik Kantor DPRD Kabupaten Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo / gunungkidulkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kesekretariatan DPRD Gunungkidul siap memroses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Suyanto yang meninggal dunia pada Minggu (4/6). Namun, pelaksanaan masih menunggu permohonan dari partai politik pengusung, yakni Partai Demokrat.

Sekretaris DPRD Gunungkidul Herry Sukaswadi menuturkan formasi anggota DPRD berkurang karena ada satu orang yang meninggal dunia. Sesuai dengan peraturan, harus dilakukan pengisian melalui PAW.

Advertisement

“Soal PAW diserahkan sepenuhnya ke partai. Alurnya setelah permohonan masuk akan diproses ke Komisi Pemilihan Umum dan setelah itu dilakukan pelantikan PAW. Semakin cepat diajukan, maka proses PAW akan lebih cepat,” ungkapnya, Selasa (6/6/2021).

BACA JUGA: Februari, Liga 1 Bakal Pakai VAR

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan dengan adanya anggota DPRD yang meninggal, maka bisa dilakukan PAW dengan sejumlah mekanisme yang harus dijalani, yang diawali dengan usulan dari parpol.

“Runtutannya parpol mengusulkan ke DPRD. Setelah itu dari sekretariatan ke KPU untuk memprosesnya,” kata Hani.

Sekretaris DPC Demokrat Gunungkidul, Eko Ruswanto mengatakan, proses PAW belum dilakukan karena masih dalam suasana berkabung. Ia berjanji setelah ada pembahasan internal partai, maka akan diajukan ke DPRD “Nanti kalau sudah dibahas di intern partai akan kami kabari,” kata Eko.

Dia mengungkapkan, koleganya (Suyanto) dinyatakan meninggal dunia karena sakit paru-paru yang diderita selama enam bulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement