Advertisement

Razia Motor di JJLS Gunungkidul, Polisi Temukan Remaja Bawa Gergaji dan Arak Pisang Klutuk

David Kurniawan
Minggu, 11 Juni 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Razia Motor di JJLS Gunungkidul, Polisi Temukan Remaja Bawa Gergaji dan Arak Pisang Klutuk Tim gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap rombongan pemotor yang akan masuk ke kawasan pantai melalui TPR JJLS di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Minggu (11/6/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tim gabungan melakukan razia terhadap rombongan pemotor asal Kulonprogo di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Minggu (11/6/2023) sekitar pukul 12.00 WIB. Hasilnya, tim mengamankan belasan botol minuman keras dan dua gergaji yang tersimpan di jok sepeda motor mereka.

Kapolsek Tanjungsari, AKP Wawan Anggoro mengatakan pelaksanaan razia berdasarkan informasi masyarakat yang mengetahui adanya arak-arakan puluhan kendaraan bermotor. Laporan ini ditindaklanjuti dengan menggelar razia yang melibatkan personel dari Polres Gunungkidul dan anggota TNI. “Begitu mau masuk TPR langsung kami razia,” kata Wawan, Minggu siang.

Advertisement

Saat operasi, polisi mengamankan delapan pengendara yang berstatus pelajar SMK dan SMA asal Kulonprogo karena membawa 11 botol ciu dan 1,5 liter minuman keras jenis gedang klutuk. Selain itu, ada seorang pelajar yang membawa dua gergaji yang disimpan dalam jok motor.

Meski demikian, dari hasil temuan ini tidak ada yang ditahan. Wawan menuturkan, kesembilan pelajar hanya diberikan sanksi pembinaan. Adapun untuk pengawasan juga meminta bantuan dari Guru Bimbingan Konseling di sekolah masing-masing. “Jadi meski diperbolehkan melanjutkan wisata dan diperbolehkan pulang, tapi ada upaya pengawasan dari pihak sekolah,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Personel Dikerahkan untuk Razia Lalu Lintas di Gunungkidul, Tilang Pakai Elektronik

Disinggung mengenai dua bilah gergaji, Wawan mengakui sudah melakukan klarifikasi kepada orang tua yang membawa. Adapun hasilnya, alat tersebut dipergunakan kegiatan di sekolah pada Sabtu (10/6/2023). “Jadi lupa diambil hingga terbawa ke pantai. Selain itu, juga ada bukti video yang merekam aktivitas kegiatan sekolah yang menggunakan gergaji tersebut,” ungakpnya.

Wawan memastikan razia akan digelar secara rutin guna memastikan situasi dan kondisi tetap terkendali. “Tujuannya memastikan keamanan dan ketertiban di masyarakat tetap terjaga,” katanya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri sudah menginstruksikan agar setiap wilayah meningkatkan patroli kamtibmas. Giat rutin dilakukan sebagai upaya mengurangi risiko yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan serta meminimalisir terjadinya kejahatan jalan. “Patroli kambtibmas terus dilakukan untuk mematikan situasi dan kondisi tetap terjaga,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Singapore Airlines Turbulensi, Penumpang Terpental Hingga Bagasi Kabin

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement