Advertisement

Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-Banyurejo Memotong 4 Sungai, Ini Titik Lokasi Pembangunan Underbridge

Sunartono
Minggu, 18 Juni 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-Banyurejo Memotong 4 Sungai, Ini Titik Lokasi Pembangunan Underbridge Pembangunan perdana erection girder di atas selokan mataram ini berlokasi di Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sleman, Sabtu (27/5/2023). - Istimewa/Dok.JJB

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan tol Jogja Bawen seksi 1 ruas Jogja-Banyureji setidaknya bakal memotong empat sungai di wilayah Sleman. Meski demikian pelaksana pembangunan proyek ini memastikan keberadaan sungai tersebut akan tetap aman. Salah satunya dengan dibangun konstruksi underbridge.

Pembangunan underbridge ini dilakukan karena trase jalan tol memotong sungai. Sehingga perlu dilakukan relokasi karena di titik tersebut dilakukan timbunan untuk menyamakan elevasi jalan tol. Pekerjaan relokasi sungai ini bertujuan agar sungai yang ada tetap bisa mengalir tanpa harus di tutup sehingga aliran sungai pada daerah tersebut tetap lancar dan pembangunan elevasi jalan tol dapat lebih mudah.

Advertisement

BACA JUGA : Pengerjaan Tol Jogja-Bawen Dibagi 6 Seksi, Ini Lokasi

Berdasarkan tayangan terbaru Youtube BPJT terkait tayangan video trase Tol Jogja Bawen seksi 1 telah ditentukan titik pembangunan underbridge di sepanjang proyek tersebut. Setidaknya ada lima titik underbridge yang diberikan keterangan sebagai akses Banyurejo Kawasan Tempel, Sleman. Titik undebridge ini berada di STA0+400, STA 0+625, STA 0+800, STA 1+092 dan STA 1+250.

Selanjutnya ada empat sungai yang akan dilewati tol Jogja Bawen ini dan harus dibangun underbridge. Jika ditelusuri dari arah Banyurejo menuju Jogja, di antaranya Underbridge Sungai Krasal berada di STA 68+650, Unndebridge Kali Mataram atau Selokan Mataram yang dibangun di STA 68+825. Selain itu ada Undebridge Sungai Sangu Bantu di STA 72+925 dan Underbridge Kali Konteng di STA 75+825.

Dari sejumlah underbridge tersebut salah satu pengerjaan girder yang sudah dilakukan yaitu di Underbridge Kali Mataram. Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), A. J Dwi Winarsa menyampaikan pekerjaan erection girder dilakukan perdana di Tol Jogja-Bawen seksi 1 STA 68+825, di Jembatan Selokan Mataram, Desa Banyurejo, Tempel, Kabupaten Sleman.

BACA JUGA : Terbaru, Tol Jogja Bawen Punya 4 Jembatan Layang di Atas 

Dalam pekerjaan tersebut ada 20 gelagar yang dibagi menjadi 2 dengan dimensi yang berbeda yakni 10 gelagar panjang bentang 40,8 meter dengan berat 88 ton, dan 10 gelagar panjang bentang 30,8 meter dengan berat 58 ton. Pekerjaan tersebut juga menggunakan 2 unit crawler crane cap 250 ton (crane erection) dan 1 unit crawler crane cap 120 ton (crane loading).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement