Advertisement

Caturtunggal Akui Apartemen Malioboro City Menunggak Sewa Tanah Kas Desa 1,5 Hektare

Triyo Handoko
Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:02 WIB
Budi Cahyana
Caturtunggal Akui Apartemen Malioboro City Menunggak Sewa Tanah Kas Desa 1,5 Hektare Sejumlah pemilik unit Apartemen Malioboro City menuntut surat legalitas kepemilikan, di depan eks kantor marketing Apartemen Malioboro City, Caturtunggal, Depok, Sleman, Kamis (8/6/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kalurahan Caturtunggal, Depok, Sleman, mengakui adanya pelanggaran penggunaan tanah kas desa oleh Apartemen Malioboro City. Pelanggaran tanah kas desa tersebut adalah belum dibayarnya uang sewa dan pajak bumi bangunan oleh perusahaan untuk tanah seluas 15.959 meter persegi atau 1,5 hektare.

Pengakuan kalurahan tersebut disampaikan Carik Caturtunggal Aminudin Aziz. Pengakuannya diterima oleh Sekretaris Persatuan Pemilik Apartemen Malioboro City, Budijono. “Kami konfirmasi ke Kalurahan Caturtunggal setelah info yang beredar bahwa fasilitas umum apartemen kami diduga melanggar tanah kas desa. Carik Caturtunggal membenarkan itu,” terangnya, Jumat (23/6/2023).

Advertisement

Budijono melakukan konfirmasi agar di kemudian hari pemilik unit apartemen tak bermasalah hukum.

“Kami sebagai warga negara tak mau dibawa-bawa melanggar hukum, tanah kas desa tersebut disewa perusahaan pengembang apartemen. Kami sudah melunasi semua pembelian unit termasuk fasilitasnya. Sehingga kami minta agar pengembang untuk mengurus perizinan dan menyelesaikan tanggung jawabnya pada pihak-pihak terkait,” tegasnya.

BACA JUGA: Tak Kantongi Izin Penggunaan Tanah Kas Desa, Maguwoharjo Football Park Ditutup

Tanah kas desa di Caturtunggal dipakai perusahaan untuk Apartemen Malioboro City sejak 2015. Sementara, pembayaran uang sewa serta pajak bumi dan bangunan sudah ditunggak mulai 2019 sampai sekarang. “Kami menyayangkanizin untuk pertanian modern tapi kenyatan di lapangannya untuk fasilitas umum apartemen,” kata Budijono.

Seusai menjelaskan kepada perwakilan pemilik Apartemen Malioboro City, Aminudin Aziz belum bisa menerangkan perkara tersebut ke publik. “Masih akan kami pelajari, situasinya juga seperti ini. Nanti saja kalau sudah jelas,” katanya pada Harian Jogja setelah menemui perwalian pemilik Apartemen Malioboro City, Jumat siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement