Advertisement

Jamin Akurasi Pengukuran, 40 Alat Laboratorium Dikalibrasi

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 27 Juni 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Jamin Akurasi Pengukuran, 40 Alat Laboratorium Dikalibrasi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 40 alat laboratorium di UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo dilakukan kalibrasi. Kalibrasi tersebut penting untuk menjamin keakuratan hasil pengukuran dari pemeriksaan laboratorium yang dilakukan.

Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kulonprogo, Tari Astuti mengatakan kalibrasi tersebut dilakukan satu tahun sekali.

Advertisement

“Kalibrasi kami lakukan satu tahun sekali. Itu perlu dilakukan untuk menjamin keakuratan hasil pengukuran dari pemeriksaan laboratorium yang dilakukan,” kata Tari dihubungi pada Senin (26/6/2023).

BACA JUGA : Laboratorium Kalibrasi Perlu Diakreditasi, Ini Manfaatnya

Tari menambahkan alat-alat milik Dinas Kesehatan Kulonprogo dikalibrasi menggunakan alat yang disediakan Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi (BLKK) DIY. Katanya, alat kalibrasi tersebut sudah terakreditasi dan terdaftar dalam daftar balai/ institusi pengujian fasilitas kesehatan yang sudah memiliki izin operasional Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Dia menambahkan hasil pengukuran yang tidak konsisten, akibat tidak dilakukan kalibrasi, maka akan berdampak langsung terhadap kualitas suatu produk.

“Kalibrasi biasanya dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi,” katanya.

Beberapa jenis alat yang milik UPT Laboratorium Kesehatan yang telah dikalibrasi antara lain analytical balance (Gram Balance), centrifuge, gelas ukur, incubator laboratory, labu ukur, medical refrigerator, oven, PH meter, pipet ukur, spectrofotometer, dan waterbath. 

“Di UPT Laboratorium Kesehatan melayani pemeriksaan air bersih dan air minum meliputi pemeriksaan mikrobiologi, kimia, dan fisik. Selain itu juga pemeriksaan ulang sediaan darah malaria,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

520 PNS di Sleman Pensiun Tahun Ini

520 PNS di Sleman Pensiun Tahun Ini

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Tapera Ditolak Buruh dan Pengusaha, Ini Biang Keroknya Menurut Kemenaker

News
| Sabtu, 01 Juni 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement