Advertisement

Tak Kuat Menanjak, Truk Muatan Terguling di Tanjakan Semin Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 26 Juli 2023 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Kuat Menanjak, Truk Muatan Terguling di Tanjakan Semin Gunungkidul Proses evakuasi truk bermuatan bata ringan yang terguling di Tanjakan Candirejo, Semin. Rabu (26/7/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah truk pengangkut hebel atau bata ringan terguling di ruas jalan provinsi di Kalurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul Rabu (26/7/2023) sekitar pukul 09.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan ini karena sopir dapat menyelamatkan diri.

Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto mengatakan, peristiwa nahas ini bermula saat truk dengan nomor polisi AD 9529 BC dikendarai Dodik,39, asal Sragen, Jawa Tengah. Rencananya truk penuh muatan bata ringan ini akan di kirim dari Sragen menuju Semanu.

Advertisement

Nahasnya belum sampai di lokasi tujuan, truk terlibat kecelakaan tunggal di Tanjakan Candirejo, Semin. “Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB. Sopir sudah berusaha mengendalikan truk, tapi tidak kuat hingga akhirnya terguling ke perkarangan warga,” kata Arif saat dihubungi, Rabu siang.

Meski demikian, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sopir truk dapat menyelamatkan diri. “Hanya kerugian material dan sekarang sudah dalam proses evakuasi pengangkatan,” katanya.

Baca juga: Begini Curhatan Mahasiswa Muslim yang Kuliah di Kampus Katolik, Nyamankah Mereka?

Arif berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga peristiwa kecelakaan yang sama tidak kembali terulang. Oleh karenanya, ia meminta kepada sopir yang membawa penuh muatan untuk berhati-hati dan memastikan kendaraan dipastikan dalam kondisi yang baik.

Selain itu, sopir juga harus hafal medan yang dilalui agar perjalanan bisa lancar. “Tidak boleh ceroboh dan harus berhati-hati. Sebab, truk penuh muatan kalau telat mengoper saat menanjak bisa berakibat fatal. Untuk evakuasi truk kami menerjunkan personel guna mengatur lalu lintas,” katanya.

Salah seorang warga di Kalurahan Candirejo, Yanto mengatakan, peristiwa kecelakaan tunggal ini sempat menjadi tontontan. Terlebih lagi saat proses evakuasi ada tiga kendaraan pengankut batu yang diterjunkan untuk mengangkat truk yang terguling.

“Sempat macet karena pengangkatan harus ketiga truk [membantu evakuasi] menggunakan seluruh badan jalan sehingga pengendara lain yang akan melintas harus berhenti hingga evakuasi selesai,” katanya.

Menurut dia, evakuasi akibat kecelakaan berjalan dengan lancar karena truk berhasil diangkat dari lokasi terguling. “Sekarang lalu lintas juga sudah kembali lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement