Advertisement

Viral Mahasiswa Diare Massal Gegara Makan Nasi Tak Layak saat Orientasi Kampus, Ini Klarifikasi UII

Sunartono
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Sunartono
Viral Mahasiswa Diare Massal Gegara Makan Nasi Tak Layak saat Orientasi Kampus, Ini Klarifikasi UII Ilustrasi mahasiswa. Mahasiswa diare massa saat pengenalan. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah mahasiswa baru dilaporkan diare massal akibat makanan tidak layak yang disediakan vendor saat pelaksanaan Pesona Ta’aruf (PESTA) mahasiswa baru 2023. Pihak kampus memberikan klarifikasi dan penjelasan terkait persoalan yang viral di media sosial tersebut.

Kabar tak sedap saat pengenalan kampus bagi maba UII ramai diperbincangkan di medsos pada Sabtu (12/8/2023). Salah satu akun TikTok yang mengunggah adalah @lawstud_. Pada unggahan awal, akun ini menayangkan video berisi narasi makanan yang disediakan vendor telat datangnya. Video ini dilihat 414.100 kali dan dikomentari lebih dari 600 warganet.

Advertisement

BACA JUGA : Pecahkan Rekor MURI, Mahasiswa Baru Faperta Untidar Bikin Pothil Terpanjang

Lebih mengejutkan akun yang sama kembali mengunggah adanya mahasiswa baru yang diare. Pada kolom-kolom lanjutan video itu disebutkan bahwa panitia divisi kesehatan sampai kehabisan obat dan ada yang tidak bisa masuk.

Menanggapi informasi tersebut Rektorat UII memberikan klarifikasi terkait persoalan tersebut. Sekretaris Eksekutif Rektorat UII Hangga Fathana menjelaskan UII menyesalkan terjadinya keterlambatan pengiriman konsumsi makan siang bagi maba Pesta 2023 di hari pertama Kamis (11/8/2023). Selain itu  ditemukannya 20 boks makanan tidak layak di hari kedua Jumat( 11/8/2023) dan hari ketiga Sabtu (12/8/2023).

“Dalam pelaksanaan kegiatan orientasi mahasiswa baru UII Pesona Ta’aruf [PESTA] 2023 yang diikuti oleh sekitar 4.300 mahasiswa baru. Hasil penelusuran fakta sementara, masalah terjadi akibat kelalaian dua vendor penyedia makanan dan kedua vendor tersebut telah mengakui kesalahan yang dilakukan,” kata Hangga, Sabtu (12/8/2023) malam.

Ia menambahkan UII membuka kanal pengaduan melalui https://uii.ac.id/pengaduan untuk mendata dengan rinci dan akurat cacah mahasiswa yang terdampak akibat masalah tersebut. Selain itu UII akan menanggung biaya pengobatan untuk mahasiswa baru yang kesehatannya terdampak akibat masalah ini.

BACA JUGA : Ini Pesan Prabowo untuk Mahasiswa Baru

Tak hanya itu UII akan melanjutkan penelusuran masalah ini dengan membentuk Tim Penelusuran Fakta. Jika ditemukan pelanggaran di lingkungan internal oleh mahasiswa, tenaga kependidikan, atau dosen, UII akan menindak tegas sesuai dengan peraturan disiplin dan kode etik yang berlaku.

“UII mengimbau publik dapat menghentikan spekulasi sebelum terdapat kejelasan atas hasil penelusuran fakta lebih lanjut. UII akan senantiasa menyampaikan perkembangan hasil penelusuran fakta kepada publik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB Kerahkan Helikopter untuk Evakuasi Korban Erupsi Gunung Raung

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement