Advertisement

Tok! Bantul dan Gunungkidul Resmi Berstatus Siaga Darurat Kekeringan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Tok! Bantul dan Gunungkidul Resmi Berstatus Siaga Darurat Kekeringan Ilustrasi Kekeringan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua kabupaten di DIY, yakni Bantul dan Gunungkidul resmi berstatus siaga darurat kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY meminta masyarakat dapat menghemat penggunaan air bersih. 

“Saat ini Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul sudah menetapkan siaga darurat,” kata Lilik Andi Aryanto, Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Selasa (15/8/2023). 

Advertisement

Dengan status tersebut, menurut Lilik, pengedropan air bersih telah dilakukan ke Gunungkidul dan Bantul. Sementara untuk Kabupaten Kulonprogo, meski statusnya belum siaga darurat kekeringan, pengedropan air ke daerah tersebut juga telah dilakukan. “Masing-masing kabupaten telah menyiapkan anggaran untuk dropping air. Khusus Gunungkidul, selain BPBD, anggaran dropping air juga dianggarkan di masing-masing kapanewon,” katanya.

BACA JUGA:  Kekeringan Mengancam DIY, BPDB Upayakan Sumur Bor

Sementara pada tingkat provinsi, menurut Lilik dropping air disediakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) DIY. Hingga saat ini Dinsos DIY telah menerima permintaan dropping air dari Gunungkidul dan Kulonprogo. 

Dengan kondisi yang ada, Lilik meminta agar warga dapat menghemat penggunaan air sementara dinas terkait sedang bersiap untuk menyalurkan air ke daerah yang telah meminta pasokan air bersih.  “Masyarakat diminta untuk lebih hemat memanfaatkan air,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Sambangi Bareskrim Polri untuk Tuntut Keadilan

News
| Rabu, 27 September 2023, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement