Advertisement

Sultan HB X Ingin Anak Muda Berinisiatif Menumbuhkan Ekonomi Kalurahan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Sultan HB X Ingin Anak Muda Berinisiatif Menumbuhkan Ekonomi Kalurahan Sri Sultan HB X - Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan melalui reformasi kalurahan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di tingkat kalurahan, mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan wilayah di DIY berupaya diatasi. Dalam program pemberdayaan yang ada di tingkat kalurahan, Sultan berharap generasi muda juga dapat turut berpartisipasi di sana.

 “Anak muda dapat mengambil inisiatif untuk menumbuhkan ekonomi baru di kalurahan,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Jumat (18/8/2023).

Advertisement

Menurut Sultan generasi muda dengan kemampuan yang berbagai kemampuan yang dimiliki dapat pula menyebarkannya kepada masyarakat di tingkat desa, sehingga masyarakat sekitar pun kemampuannya dapat turun meningkat. Dengan peningkatan kemampuan tersebut, menurut Sultan, lapangan pekerjaan baru dapat tercipta.

BACA JUGA: Melintas di Jalanan Jogja Kecepatan Maksimal 40 Kilometer Per Jam, Lebih dari itu Ditindak Tegas

Selain itu, menurut Sultan generasi muda juga dapat berperan untuk mengembangkan potensi yang ada di tiap kalurahan. Dalam pengembangan potensi tersebut, menurut Sultan dapat sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan begitu, lapangan pekerjaan baru juga dapat tercipta.

“Mungkin dulu karena tidak ada lapangan pekerjaan, dia [masyarakat] bisa membuka penitipan sepeda motor atau lainnya, yang penting potensi di tingkat kalurahan dapat membuka lapangan kerja baru,” katanya.  Dengan begitu, menurut Sultan, penduduk setempat dapat sejahtera melalui pengembangan potensi yang ada di tiap desa.

Menurut Sultan saat ini Pemda DIY juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di DIY untuk pengembangan potensi desa. Melalui kerja sama tersebut menurut Sultan potensi yang ada dalam tiap desa berupaya untuk digali dan dikembangkan sehingga dapat menyejahterakan masyarakat setempat. 

Pertumbuhan ekonomi masyarakat desa menurut Sultan dapat mengerek pertumbuhan perekonomian daerah, sehingga tingkat kemiskinan dan ketimpangan antar wilayah di DIY dapat teratasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement