Advertisement

Timbangan Cargo di Bandara YIA Ditera Ulang

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 29 Agustus 2023 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Timbangan Cargo di Bandara YIA Ditera Ulang Timbangan - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulonprogo telah melakukan tera ulang alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) di lokasi cargo ekspor impor di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Kepala UPT Metrologi Legal Dinas Perdagangan dan Perindustrian Disdagin Kulonprogo, Bekti Cahyono, mengatakan pihaknya menerima permohonan dari PT Angkasa Pura I untuk melakukan tera ulang UTTP beberapa waktu lalu.

Advertisement

"Kargo ekspor impor Bandara YIA memiliki dua buah timbangan elektronik merek sonic dan avery weigh dengan kapasitas masing-masing 1,5 ton dan daya baca 0,5 kilogram," kata Bekti dalam keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (29/8/2023).

Bekti menambahkan bahwa YIA telah siap untuk mendukung potensi pengembangan sektor kargo. Hal tersebut dibuktikan dengan penerbangan ekspor kargo menggunakan pesawat charter kargo Antonov Internasional AN 124-100 dengan tujuan Columbus (LCK) Amerika Serikat yang membawa 62 ton kargo wire harness (kabel) pada 2021.

BACA JUGA: MK Membolehkan Kampanye di Sekolah, Dewan Pendidikan DIY: Perlu Aturan Jelas

Jelasnya, kemampuan terminal kargo yang dimiliki YIA mencapai 3.546 meter persegi untuk terminal kargo domenstik dengan daya tampung 390 ton, serta 2.304 meter persegi untuk terminal kargo internasional dengan daya tampung 250 ton.

Dengan luasan dan daya tampung tersebut, YIA dianggap mampu mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha ekspor dan impor untuk melakukan transaksi pengiriman komoditas usahanya.

Prospek positif sektor ekspor impor tersebut perlu didukung dengan keakuratan sarana dan prasarana vital di unit cargo yaitu alat penimbang dan perlengkapannya. Pasca melakukan pengujian, timbangan elektronik milik YIA dinyatakan memenuhi standar maka terbitlah sertifikat pengujian 108/ TE-26/VIII/2023 dan 109/TE-26/VIII/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement