Advertisement

Tingkatkan Kapasitas Jurnalis, AMSI-BBC Media Action Gelar Pelatihan Peliputan Isu Lingkungan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 13 September 2023 - 21:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Tingkatkan Kapasitas Jurnalis, AMSI-BBC Media Action Gelar Pelatihan Peliputan Isu Lingkungan Suasana pelatihan bertajuk Green Growth Journalism yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bekerja sama dengan BBC Media Action pada Senin (11/9/2023). - Harian Jogja - Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bekerja sama dengan BBC Media Action menyelenggarakan pelatihan jurnalisme lingkungan bagi 20 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

Pelatihan bertajuk Training For Green Growth Journalism itu digelar selama tiga hari pada 11-13 September 2023 di Jogja. Kegiatan seri pertama ini dilakukan bagi jurnalis di wilayah Jakarta, Jawa, Nusa Tenggara, DIY, dan Bali.

Advertisement

BACA JUGA: Belajar Jurnalistik, Humas Setwan DPRD DIY Kunjungi Harian Jogja

Dalam pelatihan ini, peserta diajak memahami tata cara peliputan berbasis jurnalisme lingkungan, mulai dari memilih topik peliputan, menarik audiens, nilai-nilai editorial, hingga mitigasi risiko dalam peliputan isu lingkungan.

Salah satu pemateri, I Nengah Muliarta menyampaikan bahwa perspektif lingkungan bisa digunakan setiap jurnalis saat memberitakan berbagai hal. Jika disadari, isu lingkungan selalu beririsan dengan isu-isu lainnya, seperti isu ekonomi, politik, bahkan gaya hidup. Sehingga, media apapun bisa memberitakan isu lingkungan, bahkan tanpa harus membuat rubrik yang fokus pada isu lingkungan.

“Seharusnya media itu bukan menulis kerusakan lingkungan ketika bencana itu sudah terjadi. Dengan perspektif lingkungan, jurnalis perlu menyampaikan kepada pembaca bahwa ada banyak hal di sekitar kita, seperti kearifan lokal atau inisiatif masyarakat untuk menjaga lingkungan,” terangnya, Rabu (13/9/2023).

BACA JUGA: AMSI dan Polda DIY Kampanyekan Pemilu Damai dengan Jurnalisme Berkualitas

Ketua Umum AMSI Periode 2020-2023, Wenseslaus Manggut saat membuka training ini menuturkan bahwa isu lingkungan merupakan problem yang sangat penting untuk diketahui masyarakat, namun belum banyak menjadi perhatian media massa di Indonesia. Realitanya, media saat ini lebih memilih mengikuti apa yang viral di internet, dibandingkan menyuguhkan konten yang dibutuhkan masyarakat.

"Isu lingkungan itu baru jadi perhatian media ketika ada peristiwa. Padahal, jika isu ini rutin ditulis di media itu, maka bisa mencegah peristiwa itu terjadi, misalnya peristiwa kerusakan lingkungan," ujarnya.

Rencananya, pelatihan ini akan dilangsungkan dalam tiga seri. Adapun seri kedua nantinya akan dilangsungkan bagi jurnalis di Sumatera dan Kalimantan, kemudian seri ketiga di wilayah Indonesia Timur. Selain pelatihan, jurnalis peserta kegiatan ini juga berkesempatan mendapatkan fellowship dan mentoring untuk peliputan dan pembuatan karya jurnalistik terkait tema Green Growth Journalism.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement