Advertisement

Gerakan Momenku Siap Berkemas, Cara Disdikpora DIY Bentuk Wirausaha sejak Muda

Media Digital
Kamis, 14 September 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Gerakan Momenku Siap Berkemas, Cara Disdikpora DIY Bentuk Wirausaha sejak Muda Suasana acara Rembag Kaistimewan bertajuk Momenku Siap Berkemas, Kamis (14/9/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Upaya memberantas kemiskinan dan pengurangan pengangguran di wilayah DIY kini mulai menyasar murid SMK dengan program Momenku Siap Berkemas yang merupakan akronim dari Model Manajemen Kelompok Usaha Siswa Partisipasi Berantas Kemiskinan Masyarakat.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak 2022 lalu dengan menggunakan Dana Keistimewaan itu telah melahirkan wirausaha muda di berbagai sekolah. 

Advertisement

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya menjelaskan program ini merupakan sebuah gerakan di sekolah atau SMK yang memodifikasi dan mengembangkan pendidikan kewirausahaan agar benar-benar terimplementasi, sehingga sekolah bisa melahirkan pengusaha meskipun masih berstatus sebagai pelajar.

Tahapannya dimulai dari proses penyadaran, pemberdayaan, pengembangan dan pemantapan agar usaha bisa memberikan manfaat di masyarakat. "Dasar program ini untuk menekan pengangguran dari kalangan SMK. Kemudian pekerjaan yang dulu banyak dilakukan pelajar SMK kan karena perkembangan teknologi sekarang jadi berkurang, sehingga belum bisa menyerap semua lulusan SMK," jelasnya dalam acara Rembag Kaistimewan bertajuk Momenku Siap Berkemas, Kamis (14/9/2023). 

Menurut Didik, pihaknya mencoba memodifikasi program merdeka belajar pada gerakan itu, sehingga proses belajar di SMK bisa lebih impelentatif dan melahirkan wirausaha muda.

BACA JUGA: Komunitas Pengusaha Targetkan Kontribusi 3,95 Persen Wirausaha Nasional

Pasalnya, dalam model pembelajaran sebelumnya murid hanya diajarkan untuk membuka usaha yang dimiliki oleh pihak sekolah, sehingga ketika mereka lulus usaha yang sudah dirintis tidak bisa dibawa dan harus membuka usaha dari nol lagi.

"Sampai sekarang program wirausaha belia sudah masuk angkatan kedua melalui gerakan Momenku Siap Berkemas dan telah melahirkan 91 wirausaha dari berbagai bidang usaha," jelas dia. 

Kepala Bidang Urusan Kebudayaan Paniradya Kaistimewan DIY, Nugraha Wahyu Winarna mengatakan program ini tentu sangat luar biasa dalam menumbuhkan minat wirausaha sejak dini, pihaknya dari paniradya tentu sangat mendukung.

Gerakan ini sudah dilakukan sejak 2022 dan awalnya hanya melahirkan sembilan orang wirausaha muda. Kini program itu berkembang pesat dan sudah menjaring puluhan wirausaha muda. 

"Tahun depan kami tentu berharap semakin berkembang. Disdikpora DIY juga sudah mengajukan kembali untuk 30 kelompok pakai Danais pada 2024, tentunya kami harapkan semakin meluas dan cita-cita generasi muda itu bisa ditingkatkan lebih banyak lagi yang menerima manfaatnya," kata Nugraha. 

Wirausaha Belia SMK Al-Hikmah Gunungkidul, Muhammad Alva Priyandhito yang merintis usaha sebagai peloper sayur dan jamur dari petani ke pedagang mengaku sangat terbantu dengan program ini. Ia mengaku memilih usaha itu karena terinspirasi dari orang tuanya yang juta seorang pedagang di pasar.

"Saat terlibat dalam program ini semakin banyak yang kenal saya dan banyak yang mau jual hasil sayurnya ke saya. Sangat membantu dan menaikkan omzet," ujarnya. 

Hanisa Rachel Novariska, salah seorang wirausaha belia lainnya dari SMK Muhammadiyah 4 Jogja pun demikian. Remaja ini membuka usaha fesyen desainer dan karyanya telah diikutsertakan dalam berbagai pameran fesyen tingkat lokal dan nasional. Sejak SMP ia mengaku sudah menggeluti bidang tersebut dan sudah mendapat penghargaan dari Pemda DIY. "Cita-cita saya ke depan bisa menembus pameran internasional untuk membawa nama Jogja," kata Rachel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement