Advertisement

Mitigasi Bencana Masuk dalam Rencana Pembangunan di Kota Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 22 September 2023 - 19:37 WIB
Sunartono
Mitigasi Bencana Masuk dalam Rencana Pembangunan di Kota Jogja Siswa Olifant Preschool mengikuti pendidikan mitigasi bencana di sekolah belum lama ini./Ist. - Olifant Preschool

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) untuk 2025-2045 melalui forum diskusi terpumpun dengan tematik kebencanaan. Diskusi tersebut dijadikan wadah untuk memberi masukan perencanan pembangunan yang berprinsip pada mitigasi bencana.

Penjabat Walikota Jogja SInggih Raharjo menjelaskan bencana jadi faktor penting dalam perencanaan pembangunan. “Pembacaan terhadap potensi bencana di Kota Jogja dilakukan agar pembangunan dapat lebih terarah dan mampu memitigasi bencana yang sewaktu-waktu mungkin terjadi,” katanya, Jumat (22/9/2023).

Advertisement

Singgih mencontohkan Gempa 2006 yang turut melanda Kota Jogja menimbulkan berbagai kerusakan, terutama fasilitas umumnya. “Bencana datang tiba-tiba, seperti Gempa 2006 banyak yang tidak siap semua kocar-kacir. Saya kira edukasi dan mitigasi sangat penting,” katanya.

Mitigasi bencana dalam rencana pembangunan, jelas Singgih, akan berperan penting untuk meminimalisasi dampak buruk bencana. Oleh karena itu perlu menyiapkan langkah-langkah yang perlu diambil apabila terjadi bencana.

"Siapa yang harus menjadi komando, bagaimana dengan dapur umumnya. Itu perlu disiapkan agar meminimalisir dampaknya,” ungkapnya.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja Nur Hidayat menyebut pihaknya sudah menginventarisasi masukan untuk rencana pembangunan kedepan. Selain itu melakukan pemetaan potensi bencana, di antaranya kawasan yang paling banyak terdampak cuaca ekstrem terutama kalau pancaroba dan musim hujan.

Potensi bencana lain, jelas Hidayat, juga dipetakan terutama gempa. “Kemungkinan-kemungkinan lain tentu kami pertimbangkan juga mengingat sesar opak juga terus aktif meskipun pusatnya di Bantul, kami lakukan kajian dampaknya ke Jogja juga,” terangnya.

BPBD Jogja, lanjut Hidayat, juga mendorong mitigasi pembangunan lainnya. Mitigasi bencana itu terkait penataan ruang, penataan gedung kemudian konstruksi bangunan tahan bencana serta edukasi, simulasi dan sosialisasi terkait kebencanaan kepada masyarakat agar paham

"Serta memiliki respon yang baik terhadap bencana,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement