Advertisement

Didapuk Jadi Ketua Asmindo DIY, Ini yang akan Dilakukan Sapto Daryono

Abdul Hamied Razak
Kamis, 19 Oktober 2023 - 05:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Didapuk Jadi Ketua Asmindo DIY, Ini yang akan Dilakukan Sapto Daryono Ketua Asmindo DIY Sapto Daryono di sela kegiatan Musda Asmindo ke-7 dan Pengukuhan Pengurus Komda DIY Masa Bakti 2023-2028 di Jogja Expo Center (JEC), Selasa (17/10 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Peningkatan SDM pelaku industri permebelan dan kerajinan Indonesia (Asmindo) di DIY masih menjadi pekerjaan rumah yang akan dilakukan pengurus baru Asmindo Komda DIY masa bakti 2023-2028.

"Para anggota Asmindo khususnya di wilayah DIY perlu mendapatkan pelatihan pengembangan SDM dan mengoptimalkan pasar domestik atau dalam negeri. Ini menjadi salah satu tantangan kami ke depan," kata Ketua Asmindo DIY Periode 2023-2028, Sapto Daryono, Kamis (19/10/2023).

Advertisement

Sapto didapuk untuk menahkodai Asmindo DIY lima tahun ke depan. Sapto menggantikan posisi Timbul Raharjo yang beberapa waktu lalu meninggal dunia. Pelantikan Sapto dilakukan bersamaan dengan kegiatan Musda Asmindo ke-7 dan Pengukuhan Pengurus Komda DIY Masa Bakti 2023-2028 di Jogja Expo Center (JEC), Selasa (17/10/2023).

BACA JUGA: Jalur Antara Sentolo-Wates Sudah Dapat Dilalui, Perjalanan Kereta Api Mulai 19 Oktober Beroperasi Sesuai Jadwal

"Kami akan terus melakukan pemberdayaan UMKM mebel dan kerajinan dengan cara menggelar pelatihan-pelatihan. Kami berharap agar UMKM yang kecil-kecil itu juga bisa ekspor," ujarnya.

Menurut Sapto potensi ekspor mebel dan kerajinan dari DIY hingga kini masih kuat, terutama untuk tujuan Eropa. Meski begitu, diakuinya ada penurunan ekspor akibat sejumlah faktor. Salah satunya terjadinya perang Rusia-Ukraina dan Israel di Palestina.

Namun kondisi tersebut, lanjut Sapto, belum berdampak secara signifikan. Terlebih produk furnitur DIY memiliki unique selling product yang tidak dimiliki negara lain. "Tidak bisa dipungkiri ya, ada penurunan ekspor karena pengaruh kondisi global. Oleh karenanya, kami juga akan memperkuat pasar domestik," katanya.

Sapto berharap, produk mebel dan kerajinan dari UMKM lokal diberi banyak kesempatan agar mampu bersaing dan menggeser dominasi barang impor saat ini. "Apalagi produk mebel dan kerajinan di DIY itu unique selling product karena handmade. Ini yang membedakan produk DIY dengan lainnya," kata Sapto.

BACA JUGA: SHW Center: Pilih Pemimpin Yang Mendukung Sektor UMKM

Di lokasi yang sama, Anggota Dewan Penasihat Komda Asmindo DIY, Yuli Sugiarto mengatakan kegiatan ekspor saat ini masih mendominasi penjualan furnitur dan kerajinan dibandingkan pangsa pasar domestik. Perbandingannya, 60% ekspor dan 40% domestik.

"Tapi ke depan bukan tidak mungkin bisa kebalik, 60 persen domestik dan 40 persen ekspor. Bukan tidak mungkin pangsa lokal justru akan mendominasi karena produk kami lebih bagus baik dari segi kualitas dan warnanya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement