Advertisement

Dampak Proyek Tol Solo-Jogja, Ring Road Dilebarkan, Begini Kondisi Pengalihan Lajur

Catur Dwi Janati
Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Dampak Proyek Tol Solo-Jogja, Ring Road Dilebarkan, Begini Kondisi Pengalihan Lajur Suasana pembongkaran separator dan trotoar Ring Road area Trihanggo, Kamis (19/10/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Separator dan trotoar di jalan Ring Road area Trihanggo mulai dibongkar hari ini. Pembongkaran ini merupakan bagian dari kelanjutan pembangunan tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2. Meski bisa melintas, ada pengalihan lajur yang diterapkan bagi kendaraan yang lewat.

Kontraktor penggarap tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman mulai menggulirkan agenda relokasi trotoar dan separator pekan. Dampaknya, mulai Kamis (19/10/2023) ini, pengendara akan dialihkan satu jalur ke lajur cepat. Sementara lajur lambat ditutup dan hanya digunakan terbatas untuk pekerja proyek melakukan pembongkaran trotoar dan separator. 

Advertisement

Terkait dengan dimulainya proyek pembongkaran ini, pihak kontraktor, kata Staf Engineering dan Utilitas PT. Adhi Karya, Ade Suprayitno telah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III DIY maupun Dishub DIY. "Dengan pihak BPTD dan Dishub provinsi kami sudah menginfokan dan kami juga menginfokan ke grup Forum Lalu Lintas juga terkait dengan rencana pekerjaan tersebut," kata dia, Kamis (19/10/2023).

BACA JUGA: Separator dan Trotoar di Ringroad Utara Dibongkar untuk Proyek Tol Jogja Solo, Polisi Pantau Arus Lalu Lintas

Material-material yang dibongkar nantinya akan diletakkan di selatan jalan Ring Road. Hal ini juga telah dikoordinasikan dengan PJN selaku pemilik aset dari separator. "Untuk material-material yang akan dibongkar itu sudah diskusi dengan PJN juga nanti akan ditempatkan di sisi selatan yang masih ada space. Karena yang sekarang kan sudah ada beberapa yang di sisi selatan juga, mungkin dipindahkan kami tata di situ, kami rapikan. Nanti kami tutup dengan terpal atau apa," jelasnya. 

Dari pengamatan di lokasi, arus lalu lintas terpantau lancar selama proyek berlangsung. Dari arah simpang empat Kronggahan, kendaraan yang melaju ke arah barat atau lurus mulai dialihkan ke lajur cepat. Rambu untuk mengurangi kecepatan maupun rambu adanya pengerjaan galian mulai dipasang setelah simpang. 

Selanjutnya kerucut lalu lintas atau cone traffic juga dipasang untuk menutupi area jalan yang mengarah ke lajur lambat. Keberadaan kerucut tersebut secara tidak langsung mengarahkan pengendara roda dua maupun roda empat untuk melewati lajur cepat. Meski bercampur pada satu lajur, arus lalu lintas kendaraan teramati lancar. 

Proyek pembongkaran separator dan trotoar akan dilakukan di dua sisi, yakni di sisi utara maupun sisi selatan ring road area Trihanggo. Pada tahap awal ini, separator dan trotoar di selatan ring road Trihanggo yang terlebih dahulu yang dibongkar. 

Rencananya separator dan trotoar yang akan dibongkar mulai dari depan jembatan UTY hingga tikungan Ngawen. Namun dari pantauan di lapangan, agenda pembongkaran separator dan trotoar baru mulai dilakukan di area barat simpang Kronggahan. "Betul [barat simpang dulu]," kata Humas PT. Adhi Karya Pembangunan Tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto.

Pembongkaran separator dan trotoar di sisi selatan ring road Trihanggo membutuhkan waktu sembilan hari yakni 19-28 Oktober 2023. Sementara pelebaran jalan dijadwalkan akan mulai digarap 29 Oktober 2023 hingga 8 November 2023 yang memakan waktu digarap 10 hari.

Dalam kurun waktu tersebut, pengendara tetap akan menjalani pengalihan lajur, dari lajur lambat ke lajur cepat. "Untuk 19 Oktober akan mulai ada pembongkaran separator sisi selatan Ring Road," ungkapnya. 

Hingga tengah hari, kontraktor telah membongkar sejumlah kansteen beton yang ada di sisi selatan ring road Trihanggo. Kansteen beton merupakan material beton precast yang umumnya digunakan untuk pembatas jalan, taman maupun trotoar.  "Pekerjaan pelebaran jalan dan bongkar kansteen," lanjut Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement