Advertisement

Separator dan Trotoar di Ringroad Utara Dibongkar untuk Proyek Tol Jogja Solo, Polisi Pantau Arus Lalu Lintas

Jumali
Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Separator dan Trotoar di Ringroad Utara Dibongkar untuk Proyek Tol Jogja Solo, Polisi Pantau Arus Lalu Lintas Proyek pembongkaran trotoar dan pemisah jalur atau separator di Ringroad Utara, tepatnya di Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman yang mulai dikerjakan Kamis (19/10/2023). - PT Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Satlantas Polresta Sleman terus melakukan pengawasan dan pemantauan proses pembongkaran trotoar dan pemisah jalur atau separator di Ringroad Utara, tepatnya di Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman, untuk proyek tol Jogja-Solo yang mulai dikerjakan Kamis (19/10/2023).

Sebab, sampai saat ini belum ada koordinasi intens antara Polresta Sleman dan PT Adhi Karya yang membangun jalan tol Jogja- Solo paket 2.2.

Advertisement

"Koordinasi sejatinya sudah pernah dilakukan dalam forum lalu lintas. Hanya saja, belum ada komunikasi  lanjutan dari pihak kontraktor terkait pembongkaran tersebut," kata Kasat Lantas Kompol Andhies Fitriya Utomo, Kamis (19/10/2023).

Oleh karena itu, Andhies belum bisa memastikan berapa personel yang akan diturunkan saat proyek pembongkaran trotoar dan separator di Ringroad Utara tersebut. Padahal, keberadaan petugas diperlukan untuk memastikan arus lalu lintas dan keamanan pengguna jalan saat proyek itu dikerjakan.

"Untuk itu nanti akan kami sesuaikan. Nantinya kita juga akan lakukan rekayasa, berdasarkan pengawasan dan pemantauan saat proyek itu dijalankan. Sebab, sampai saat ini juga belum ada laporan adanya hambatan lalu lintas di tempat tersebut," lanjut Andhies.

Menurut Andhies, sejauh ini ruas Jalan Padjajaran (lokasi proyek pembongkaran trotoar dan separator) sejauh ini tidak masuk dalam 3 titik rawan kecelakaan. Sejauh ini titik rawan kecelakaan di Sleman, dua di antaranya ada di Jalan Kabupaten, dan Perempatan Pelem Gurih, Gamping. "Sama satu lagi agak lupa," jelasnya.

Meski tidak masuk titik rawan kecelakaan, Andhies berharap PT Adhi Karya masif menyosialisasikan terkait timeline pengerjaan pembongkaran kepada masyarakat dan stakeholder yang terlihat. Selain itu, PT Adhi Karya diharapkan bisa berkoordinasi masif dengan Satlantas Polresta Sleman terkait jam pengerjaan.

"Termasuk memasang rambu-rambu di sekitar lokasi proyek," ucapnya.

Pejabat Humas PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto mengatakan, separator dan trotoar yang dibongkar dimulai hari ini adalah dari depan UTY hingga tikungan Ngawen, Trihanggo. Panjang proyek pembongkaran lebih kurang 900 meter sampai satu kilometer. Selama proses pembongkaran tidak ada penutupan jalan.

"Pengguna jalan, terutama pengendara yang biasa melintas di jalur lambat akan dialihkan ke jalur cepat. Nantinya rambu- rambu pengalihan jalur akan terpasang 200an meter sebelum pengendara berpindah jalur," katanya.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja Solo Jalan Sesuai Rencana, Separator Ring Road Utara Mulai Dibongkar Besok

Setelah trotoar dibongkar, kata Agung, jalur sisi selatan itu nantinya akan dilebarkan. Pelebaran lebih kurang satu meter. Tahap berikutnya, di tanggal 8 - 17 November, pekerjaan pembongkaran trotoar dan seperator berpindah ke sisi Utara yang dilanjutkan dengan pekerjaan pelebaran. Ketika trotoar sisi utara dan selatan terbongkar, pada 29 November kontraktor melanjutkan pekerjaan dengan membongkar median jalan atau pembatas bagian tengah.

"Karena kendaraan roda dua dan roda empat akan bercampur, jadi harus lebih berhati-hati," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement