Advertisement

Lelang Proyek Jembatan Srandakan 3 Belum Juga Ada Pemenang, Begini Penjelasan Pemda DIY

Yosef Leon
Selasa, 24 Oktober 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Lelang Proyek Jembatan Srandakan 3 Belum Juga Ada Pemenang, Begini Penjelasan Pemda DIY Jembatan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY menyatakan proyek pembangunan Jembatan Srandakan 3 yang menjadi penghubung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) sedang memasuki tahap lelang yang dimulai sejak Juli-Oktober ini. 

Kepala DPUP-ESDM DIY, Anna Rina Herbranti mengatakan lelang proyek tersebut memang cukup lama lantaran memakai metode lelang prakualifikasi. Hal ini dilakukan karena proyek Jembatan Srandakan 3 merupakan pekerjaan besar sehingga butuh kontraktor yang sesuai. "Jembatan Srandakan 3 saat ini masih dalam proses lelang," katanya. 

Advertisement

Menurut Anna, lelang yang langsung dilakukan oleh Kementerian PUPR itu ditargetkan bisa rampung pada bulan ini sehingga pada November 2023, pemenang lelang sudah menjalani penandatanganan kontrak pekerjaan. "Harapannya pertengahan November sudah kontrak ya," jelasnya. 

BACA JUGA: Jembatan Srandakan 3 Mulai Dikerjakan Oktober Tahun Ini

Proyek Jembatan Srandakan 3 rencananya memakan proses konstruksi dengan waktu waktu 15 bulan dan ditargetkan dapat rampung akhir 2024. Untuk itu proses pengerjaannya diharapkan segera dilakukan sesaat setelah penandatanganan kontrak. "Targetnya sesuai tata kala rampung pada Desember 2024 mendatang," ujarnya. 

Adapun proyek tersebut dipatok dengan pagu Rp840 miliar dari APBN, tetapi nilai kontraknya akan diketahui setelah pemenang lelang ditentukan. Sementara dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 juga sudah tersedia lebih dari Rp200 miliar untuk pengerjaan jalan pendekat Jembatan Srandakan 3. 

Lantaran harus dilakukan penyerapan anggaran yang cukup besar, sementara waktu yang tersisa di tahun ini setelah kontrak ditandatangani hanya sekitar 2,5 bulan, maka setelah penandatanganan kontrak akan dilakukan pekerjaan pondasi dan jalan penyekat Jembatan Srandakan 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement