Advertisement

Langgar Perda, Nyaris 1.000 Baliho Capres & Parpol di Jogja Dicopot, Terbanyak dari Capres Ini

Triyo Handoko
Jum'at, 17 November 2023 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Langgar Perda, Nyaris 1.000 Baliho Capres & Parpol di Jogja Dicopot, Terbanyak dari Capres Ini Ilustrasi baliho caleg. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah baliho capres dan partai politik Pemilu 2024 di Kota Jogja yang dicopoti oleh petugas Satpol PP Jogja sejak Mei-November 2023 sudah mencapai 967 buah. Baliho-baliho itu dinilai melanggar Perda No. 6/2022 tentang Reklame.

Berdasarkan data Satpol PP Jogja menunjukan baliho calon presiden (capres) yang paling banyak dicopot selama Mei-November ini bergambar Ganjar Pranowo (45 buah). Sementara baliho bergambar Prabowo Subianto yang dicopot sebanyak ada 17 buah, dan baliho bergambang Anies Baswedan ada tujuh baliho.

Advertisement

Tak hanya baliho capres, baliho partai politik juga dicopot Satpol PP Jogja. PSI adalah partai yang paling banyak dicopot balihonya, jumlahnya mencapai ada 270 buah. Selain itu ada pula baliho Partai Amanat Nasional (PAN) yang dicopoti dengan jumlah mencapai 124 buah.

BACA JUGA: Lebih dari 4.000 Baliho Caleg Terpasang di Gunungkidul, Sepertiganya Melanggar Aturan

Kepala Satpol PP Jogja, Octo Noor Arafat mengaku pihaknya tidak tebang pilih dalam mencopot baliho. “Penertiban tidak dilakukan tebang pilih. Penegakan terhadap reklame insidental dari  Januari sampai dengan 14 November 2023 telah dilakukan terhadap 6.175 reklame. Khusus terkait dengan reklame yang berhubungan dengan peserta pemilu telah dilakukan sebanyak 967 reklame dari berbagai peserta pemilu,” tegasnya.

Octo menjelaskan penertiban Perda itu dilakukan harian di dinasnya dan tidak ada instruksi dari siapapun. “Sebagai penegak Perda maka Satpol PP juga mempunyai wewenang untuk melakukan upaya penertiban terhadap hal tersebut,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement