Advertisement

Talang Bocor, Pasar Sentolo Baru di Kulonprogo Kebanjiran

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 17 November 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Talang Bocor, Pasar Sentolo Baru di Kulonprogo Kebanjiran Pedagang sedang duduk menjaga tokonya di Blok D Pasar Sentolo Baru pada Jumat (17/11/2023). Blok D tersebut terancam tergenang air apabila hujan kembali turun. Pasalnya talang air yang berada tepat di atasnya berlubang akibat keropos berkarat. - Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan yang terjadi pada Rabu (15/11/2023) di Kabupaten Kulonprogo membuat Pasar Sentolo Baru di Kilometer 18 Jalan Jogja–Wates, Kalurahan Salamrejo, Kapanewon Sentolo kebanjiran. Air hujan sempat menggenangi hampir sepanjang lantai Blok D. Sebagai gambaran dari ujung Barat ke Timur Blok D memiliki panjang 131 meter.

Salah satu pedagang Blok D, Suyanti, mengatakan air hujan yang menggenang sempat masuk sampai tokonya. Beruntung ada rolling door yang membuat lanjut air tersendat.

Advertisement

“Hujannya Rabu kemarin. Kalau hujan, sempyokan [tempias] air sampai di batas rolling door,” kata Suyanti ditemui di tokonya, Jumat (17/11/2023).

Suyanti menambahkan di Blok D sisi Timur air bukan lagi menggenang tapi banjir. Padahal ada lebih dari sepuluh toko di Blok D.

Pedagang lain yang memiliki toko di Blok D sisi Timur yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku talang yang bocor tersebut baru satu tahun lalu diganti.

Melalui pengamatan Harianjogja.com, talang dari seng tersebut hampir sepanjang 131 meter bocor. Terlihat lubang akibat memanjang berwarna cokelat atau karat sehingga menyebabkan keropos.

 “Gantinya talang malah lebih jelek dari sebelumnya. Talang yang sekarang terpasang itu lebih tipis,” katanya.

BACA JUGA: Teras Malioboro 2 Direlokasi, Gedung Mulai Dibangun Tahun Depan, Ini Lokasinya

Dia mengaku telah menyampaikan kondisi Blok D Pasar Sentolo Baru ke lurah setempat melalui grup pasar. Hanya saja lurah begitupun dengan pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disadagin) setempat belum ada yang meninjau.

“Dari dinas belum ada yang ke sini dari kemarin. Kemarin sudah lapor ke Pak Lurah juga. Katanya sudah disampaikan ke Dinas,” ucapnya.

Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna, mengatakan dia telah meminta jajarannya untuk meninjau kondisi Pasar Sentolo Baru.

“Kami sudah mendapat informasi kondisi Pasar Sentolo Baru. Sudah saya minta juga teman untuk cek lokasi,” kata Sudarna.

Menurut dia, terdapat beberapa kemungkinan penyebab bocornya talang seperti kotor akibat tertutup benda seperti dedaunan dan kapasitas air masuk melebihi daya tampung dan aliran air. “Harus ditindaklanjuti itu. Sudah saya perintahkan,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Apresiasi Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23/2024

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement