Advertisement

Dispar DIY Genjot Kunjungan Wisatawan di Desember Ini

Alfi Annisa Karin
Minggu, 03 Desember 2023 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Dispar DIY Genjot Kunjungan Wisatawan di Desember Ini Tugu Pal Putih - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bulan Desember menjadi momentum bagi Dinas Pariwisata (Dispar) DIY untuk terus menggenjot jumlah kedatangan wisatawan. Pelaksana Harian Dispar DIY Kurniawan menyebut target kunjungan wisatawan setiap tahunnya mencapai 7-8 juta wisatawan. Namun, hingga November baru tercapai sekitar 6-7 juta wisatawan.

“Masih sekitar satu jutaan yang harus kita kejar,” kata Kurniawan saat ditemui di Plaza Ngasem belum lama ini.

Advertisement

Kurniawan mengatakan sejauh Dispar DIY maupun para pelaku pariwisata telah melakukan sejumlah persiapan untuk menerima kedatangan jutaan wisatawan itu. Dia memastikan DIY tetap layak menjadi destinasi yang damai, aman, dan nyaman. Misalnya, Dispar DIY gencar menggelar even yang mendatangkan banyak pengunjung.

Selain itu, para pelaku pariwisata juga berupaya untuk menjual berbagai paket wisata akhir tahun. “Kita tetap lakukan promosi bahwa DIY itu sekali lagi masih layak, aman, nyaman untuk dikunjungi. Ini yang kita yakinkan,” katanya.

Kurniawan menambahkan, ada beberapa even yang justru di-reschedule dan dimajukan pada bulan November. Lantaran bertepatan dengan momentum kampanye. Dia tak merinci jumlah dan lokasinya. Hanya saja, yang pasti setidaknya ada lima even besar. Itu belum termasuk even-even kecil lainnya. Kurniawan mengaku menyayangkan kondisi tersebut. Ini lantaran pada bulan Desember seharusnya menjadi momen untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Makanya, November kemarin event-nya banyak sekali. Ini yang kita cukup khawatir karena Desember sekali lagi adalah puncak kunjungan wisatawan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Kampanye Pemilu Jadi Pertaruhan Wisata DIY di Momen Akhir Tahun

Sementara itu, pada Desember ini beberapa kegiatan digelar secara indoor. Termasuk gelaran-geralan pergantian tahun. Namun, di sisi lain kegiatan outdoor juga masih akan dilaksanakan. Misalnya pada beberapa event sport tourism.

“Kita punya jelajah Ruang Menoreh, ada walk and run malam, ada parade gamelan kita coba di Embung Tonogoro. Itu salah satu contoh juga karena sampelnya sudah di kota. Kali ini kita coba yang letaknya di pinggiran seperti apa,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Ini Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Bakal Ada Lagi, Kementerian ESDM: Anggaran Sudah Ada

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement