Advertisement

Pemkab Sleman Gelar Promosi Cabai Harga Miring

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Desember 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sleman Gelar Promosi Cabai Harga Miring Suasana promosi cabai yang digelar di Lapangan Pemda Sleman pada Jumat (22/12/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman bersama Champion Cabai Kabupaten Sleman kembali menggelar promosi produk hortikultura khususnya untuk komoditas cabai.

Dengan harga miring dan kualitas yang segar, promosi ini diharapkan mampu menekan inflasi komoditas cabai di Sleman.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono menuturkan gerakan promosi cabai ini merupakan bentuk antisipasi terjadinya inflasi dari peningkatan permintaan komoditas cabai menjelang hari raya.

Dalam lingkup nasional gerakan ini merupakan intruksi Kementrian Pertanian bersama Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat (STO). "Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kebutuhan masyarakat sehingga harga cabai diprediksi terus merangkak naik, oleh karenanya diperlukan upaya pengendalian," kata Suparmono, Jumat (22/12/2023).

Prediksi akan naiknya harga komoditas cabai bukan tanpa dasar. Dari catatan Suparmono ketersediaan cabai terus menurun karena El-Nino.

Gerakan promosi penjualan cabai harga petani ini sebelumnya telah digelar selama sepekan dimulai pada Jumat (15/12/2023) di pasar tani lapangan Pemkab Sleman.

BACA JUGA: Meski Turun, Harga Cabai di Sleman Masih Tinggi

Kegiatan ini berakhir pada 22 Desember 2023 di Pasar Tani Lapangan Pemkab Sleman dengan total cabai yang disediakan mencapai 100 kilogram per harinya. "Untuk harga jual cabai sesuai harga dasar petani. Cabai keriting setengah kilogram kami jual Rp30.000 per kilogram, sedangkan cabai rawit Rp50.000 per kilogram," terang Suparmono.

Saat ini harga cabai kriting di pasaran  mencapai Rp50.000-60.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit Rp68.000-70.000 per kilogram.

Salah satu petani Champion Cabai Sleman, Ardhi Prasetyo berharap gerakan promosi  ini diharapkan bisa membantu masyarakat. Lewat harga jual seperti dari petani, masih segar, murah dan berkualitas bagus harapannya masyarakat dapat terbantu. "Kami menjual cabai dengan harga petani ini sebagai wujud untuk memotong rantai pemasaran. Sehingga harga lebih terjangkau," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement