Advertisement

Komunitas Ruang Belajar Anak Klaten Gelar Tour De Museum ke Vredeburg dan Sonobudoyo

Media Digital
Sabtu, 23 Desember 2023 - 13:07 WIB
Sunartono
Komunitas Ruang Belajar Anak Klaten Gelar Tour De Museum ke Vredeburg dan Sonobudoyo Komunitas Ruang Belajar Anak Klaten menyelenggarakan Tour De Museum ke Museum Vredeburg dan Museum Sonobudoyo pada hari Sabtu (23/12/2023). - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Komunitas Ruang Belajar Anak Klaten menyelenggarakan Tour De Museum ke Museum Vredeburg dan Museum Sonobudoyo pada hari Sabtu (23/12/2023). Kegiatan itu digelar untuk mengisi libur akhir tahun.

Koordinator Komunitas Ruang Belajar Anak Klaten Tsabita Fauziah menjelaskan Tour de Museum diikuti oleh 17 orang anak usia 10 tahun sampai dengan 15 tahun yang berasal dari berbagai sekolah di Klaten. Acara ini didampingi oleh 3 orang pendamping dari komunitas yang masih berusia remaja.

Advertisement

BACA JUGA : Wah, Ada Museum Horor Indonesia di Malioboro, Alternatif Menikmati Liburan Nataru di Jogja

“Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan museum dan sejarah kepada anak-anak. Selain itu anak-anak juga belajar mandiri dengan bepergian sendiri menggunakan kendaraan umum yaitu KRL dan Trans Jogja,” kata Tsabita Fauziah dalam rilisnya.

Ia menambahkan anak-anak juga belajar tentang manajemen perjalanan yaitu bagaimana menyiapkan dan melaksanakan perjalanan mandiri yang aman dan nyaman. Tujuan pertama acara adalah kunjungan ke Museum Vredeburg dilanjutkan ke Museum Sonobudoyo.

“Di kedua museum ini anak-anak mendapatkan penjelasan dari petugas museum. Selain itu di Museum Sonobudoyo di Gedung yang baru di lantai 5-6 terdapat Ruang Interaksi di mana anak-anak bisa lebih leluasa mengeksplorasi museum,” ujar remaja 15 tahun ini.

Acara ditutup dengan kunjungan ke Masjid Kauman untuk istirahat dan ibadah. Kemudian diskusi antara fasilitator dan peserta tentang kesan-pesan perjalanan.

“Misal diskusi bagian apa saja yang menarik di museum yang dikunjungi, hikmah apa yang bisa diambil dari perjalanan kali ini, dan masukan untuk kegiatan selanjutnya. Dengan sesi diskusi ini diharapkan anak-anak bisa mengekspresikan perasaan dan belajar berpendapat dan berbicara di depan umum,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement