Advertisement

Minimalkan Persoalan di TPS, KPU Kota Jogja Gelar Bimtek bagi PPK dan PPS

Alfi Annisa Karin
Minggu, 24 Desember 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Minimalkan Persoalan di TPS, KPU Kota Jogja Gelar Bimtek bagi PPK dan PPS Bimbingan teknis bagi PPS dan PPK yang digelar oleh KPU Kota Jogja di salah satu hotel di Tegalrejo, Kota Jogja, Sabtu (23/12/2023). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU Kota Jogja menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi para PPK dan PPS di salah satu hotel di Tegalrejo, Kota Jogja, Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan bagi para PPK dan PPS berkaitan dengan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Advertisement

Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryosamudro menuturkan bimbingan teknis ini juga menjadi upaya mitigasi. "Meminimalkan persoalan-persoalan yang ada di TPS," ujar Harsya.

Salah satunya, mencegah kemungkinan terburuk saat proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung. Misalnya, mitigasi terjadinya penghitungan suara ulang. KPU Kota Jogja mencatat pada 2019 terjadi pemungutan suara ulang. Tepatnya di tiga kemantren.

BACA JUGA: KPU Kota Jogja Terima Seluruh Logistik Pemilu Tahap I 

Untuk itu, melalui bimbingan teknis ini PPK dan PPS akan diberi info. Pemilih harus masuk dalam DPT, DPTb, ataupun PPK. "Bagi yang bukan masuk dalam tiga kategori itu kami minta untuk tidak dilayani," katanya.

Harsya mengatakan, bimbingan teknis ini turut diikuti oleh kaum difabel sebagai pemantau dan sebagai pemilih. Jika nantinya ditemui kekurangan dalam pelayanan, maka dapat langsung tersampaikan. "Harus memenuhi hak-hak difabel ketika mereka menjadi pemilih, sehingga sedari dini mereka harus memenuhi dalam hal pembentukan PPS dan pelayanan TPS yang inklusif," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement