Advertisement

Tak Cuma Barang Klithikan, Pasar Niten Bakal Dijadikan Pusat Kuliner dan Kafe Kekinian

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 28 Desember 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma Barang Klithikan, Pasar Niten Bakal Dijadikan Pusat Kuliner dan Kafe Kekinian Pasar Niten. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul akan menata ulang Pasar Klitikan Niten tahun depan. Nantinya, Pasar Klitikan Niten akan dikembangkan sebagai sentra kuliner di Bantul. 

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUKMPP) Bantul, Zona Paramitha menyampaikan Pasar Klitikan Niten memiliki potensi tersendiri yang dapat dikembangkan.

Advertisement

“Di sana [Pasar Klitikan Niten] dipandang unik, karena dagangannya berbeda dan identik dengan nuansa yang agak vintage,” ujarnya saat ditemui di Kantor DKUKMPP Bantul, Kamis (28/12/2023). 

Selain itu, menurut dia, lokasi pasar tersebut cukup strategis di Jalan Bantul sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat luas. 

Dia menilai saat ini remaja di Bantul tengah gemar menikmati sajian di kafe dengan harga makanan yang terjangkau.  “Sebagai barometer ternyata anak muda Bantul membutuhkan tempat nongkrong yang tidak begitu high,” katanya. 

Sehingga menurut Zona, pengembangan Pasar Klithikan Niten akan dapat menarik minat remaja di Bantul. 

Saat ini Pasar Klitikan Niten memiliki 100 los yang dapat disewa oleh pengusaha kuliner. Beberapa usaha kuliner menurut Zona telah tertarik untuk bergabung di sana, antara lain beberapa food truck, kedai kopi, dan bakmi. 

BACA JUGA: Dana Rp1,8 Miliar Diusulkan untuk Rehab Sejumlah Pasar di Bantul, Ini Daftarnya

Nantinya menurut Zona, pihaknya akan mengemas ulang pasar tersebut sehingga dapat sesuai dengan target pasar. Para pengusaha kuliner yang tertarik bergabung di Pasar Klitikan Niten pun dapat menyewa los di sana. “Disewa, menggunakan tarif kios [atau kios] nanti,” ujarnya. 

Selama ini Pasar Klitikan Niten menjual berbagai barang bekas, antara lain spare part motor, buku bacaan, dan barang elektronik.

Sebelumnya Pasar Klitikan Niten hanya buka saat malam hari, sementara beberapa waktu belakangan terlihat pada siang hari sekitar pukul 11.00 WIB beberapa los mulai buka hingga malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement