Advertisement

Jembatan Pandansimo Dilengkapi Jalur Pedestrian, Pejalan Kaki Bisa Menikmati Pemandangan Sungai Progo

Sunartono
Jum'at, 29 Desember 2023 - 18:47 WIB
Sunartono
Jembatan Pandansimo Dilengkapi Jalur Pedestrian, Pejalan Kaki Bisa Menikmati Pemandangan Sungai Progo Rancangan Jembatan Pandansimo yang menampakkan jalur pedestrian yang akan dibangun di kanan dan kiri jembatan. - Istagram @kemenpupr.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jembatan Pandansimo yang menghubungkan antara Kulonprogo dan Bantul telah dimulai pembangunannya dan ditarget tuntas pada akhir 2024 mendatang. Jembatan ini dirancang tahan gempa serta memperhatikan beautifikasi. Menariknya di samping kiri dan kanan jembatan diberikan ruas untuk pejalan kaki.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1,9 kilometer yang terdiri atas 675 meter konstruksi jembatan utama, 625 meter jalan pendekat dan slab on pile sepanjang 690 meter. Slab On Pile merupakan struktur slab atau pelat yang menumpu langsung pada pile head atau kepala tiang suatu jembatan.

Advertisement

BACA JUGA : Hari Ini Groundbreaking Pembangunan Jembatan Pandansimo

Kepastian adanya jalur pedestrian pada jembatan Pandansimo itu diunggah pada akun Kementerian PUPR belum lama ini. “Pejalan kaki yang ingin menikmati pemandangan Sungai Progo dapat berjalan di sepanjang jalur pedestrian di sisi kanan dan kiri jembatan,” tulis narasi di grafis yang diunggah akun instagra, @kemenpupr.

Selain itu jembatan ini dirancang tahan gempa yaitu konstruksi menggunakan teknologi lead rubber bearing (LBR) yang berfungsi untuk menahan getaran gempa. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY memastikan akan memasang suatu alat untuk mengidentifikasi gempa, dan secara struktur sudah dicek keamanan terhadap gempanya. Mengingat jembatan itu dekat dengan laut, selain gempa ada ancaman tsunami.

“Tapi ini kan sudah elevated jadi sudah kita konstruksikan lebih aman terhadap tsunami. Dan terhadap gempa kami juga sudah agak jauh dari patahan tadi dan ada alat pendeteksi gempanya.” ucap Kepala BBPJN Jateng-DIY Rien Marlia pada acara Ground Breaking Jembatan Pandansimo Senin 11 Desember 2023 lalu.

Kawasan Pantai Selatan DIY secara umum berada di zona megathrust selatan Jawa yang potensial terjadi tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia sehingga menyebabkan gempa. Namun kondisi ini sudah diantisipasi oleh pemerintah dalam program pengembangan infrastruktur kawasan.

BACA JUGA : Kontrak Proyek Jembatan Pandansimo Senilai Rp814,83 Miliar Resmi Diteken, Pekerjaan Konstruksi Dimulai

Konstruksi jembatan utama dengan tipe multi arch bridge menggunakan corrugated steel plate dan mortar busa. Paket pembangunan ini dilaksanakan oleh PT ADHI Karya (Persero) – PT Sumber Wijaya Sakti, KSO selama 408 hari kalender dengan rencana PHO di tanggal 31 Desember 2024. Adapun nilai kontrak jembatan ini cukup fantastis yaitu sebesar Rp814,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement