Advertisement

Ketiban Rezeki Saat Libur Nataru, Pedagang Baju Beringharjo Kewalahan Sediakan Stok

Alfi Annisa Karin
Senin, 01 Januari 2024 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Ketiban Rezeki Saat Libur Nataru, Pedagang Baju Beringharjo Kewalahan Sediakan Stok Suasana transaksi di salah satu lapak Pasar Beringharjo, Senin (1/1/2023). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Momen libur Natal dan Tahun Baru menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang pakaian di Pasar Beringharjo. Tempat ini biasanya menjadi jujukan favorit wisatawan untuk mencari oleh-oleh bagi sanak saudara di kampung halaman. Mulai dari pakaian batik, daster, baby doll, kemeja, hingga celana bisa didapatkan di sini dengan harga yang terjangkau. Pastinya juga bisa ditawar.

Salah satu pedagang pakaian Pasar Beringharjo, Isnain mengaku masa libur Nataru kali ini dia bak ketiban durian runtuh.

Advertisement

Wisatawan silih berganti membeli oleh-oleh pakaian untuk dibawa pulang. Dia mengaku, kenaikan penjualan telah dirasakan sejak 10 hari terakhir. "Kenaikan lebih dari 50 persen. Sekitar 70 persen lah," ujar Isnain saat ditemui di lapaknya, Senin (1/1/2024).

Isnain mengatakan kenaikan penjualan yang drastis ini menjadikannya cukup kewalahan dalam mencari stok barang. Pasalnya, supplier langganannya juga turut memberikan barang pada pedagang lain.

Jika dibanding dengan libur Nataru tahun sebelumnya, bagi Isnain kali ini lebih ramai. Kira-kira kenaikan yang dia rasakan mencapai sekitar 30%.

Banyak wisatawan yang beli dalam jumlah besar. Namun, ada juga yang hanya membeli satu atau dua pcs baju. "Misal satu orang beli sampai Rp1 juta sampai Rp1,5 juta juga ada, tetapi yang hanya Rp50.000 atau Rp25.000 jugaada. Barang saya mulai harga Rp15 ribu ke atas," ujarnya.

Meski kali ini menjadi kesempatan baginya untuk bisa meraup keuntungan, tetapi Isnain tak lantas aji mumpung. Harga barang dia banderol senormalnya saja, mulai dari Rp15.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenisnya."Paling laris daster, gamis, baju anak, setelan anak, hem, dan kaos," kata dia.

Salah satu wisatawan asal Jambi, Kustina mengaku sudah menyiapkan diri untuk berbelanja di Pasar Beringharjo sejak jauh hari.

BACA JUGA: Seru! Buruh Gendong Pasar Beringharjo Bermain Angklung dan Fashion Show Peringati Hari Ibu

Tak tanggung-tanggung, dia bahkan memborong hingga lebih dari satu lusin pakaian untuk oleh-oleh. Dia memilih belanja di Pasar Berinfharjo lantaran baginya lebih merakyat dari sisi harga. "Kalau di toko-toko [harga] pas. Di sini bisa ditawar boleh juga, pilihannya lebih banyak, modelnya beda-beda," katanya.

Kustina beserta keluarga telah menghabiskan empat hari di Kota Jogja. Alumni Pasca Sarjana UGM ini mengaku banyak perubahan sejak terakhir kali dia berkunjung ke Malioboro. "Dulu agak berantakan di depan, sekarang agak rapi. Dulu yang Jalan Malioboro tidak ada taman-taman gitu, sekarang ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement