Advertisement

Seru! Buruh Gendong Pasar Beringharjo Bermain Angklung dan Fashion Show Peringati Hari Ibu

Lugas Subarkah
Rabu, 20 Desember 2023 - 13:47 WIB
Ujang Hasanudin
Seru! Buruh Gendong Pasar Beringharjo Bermain Angklung dan Fashion Show Peringati Hari Ibu Sejumlah buruh gendong Pasar Beringharjo mainkan angklung dan fashionshow di Pendopo Pasar Beringharjo, Rbau (20/12/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan ibu-ibu buruh gendong pasar Beringharjo memainkan angklung di pendopo Pasar Beringharjo, Rabu (20/12/2023). Kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Yogyakarta ini untuk memperingati Hari Ibu.

Ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta, Tinuk Suhartini, menuturkan keinginan mengadakan acara ini memang datang sendiri dari para buruh gendong. "Kami berproses dan mengelola kegiatan ini bersama-sama. Kami melatih mereka, mengarahkan, lalu bersama-sama mempersiapkan acara ini,” ujarnya.

Advertisement

Kegiatan ini adalah kerjasama yang kedua, setelah beberapa tahun lalu acara Fashion Show Paguyuban Buruh Gendong Pasar Beringharjo viral di media sosial. Pada gelaran ini, semua ibu-ibu yang telibat dalam konser akan memakai kebaya yang dipadankan dengan kain batik Lemari Lila.

Motif kain batiknya adalah mbok Jum, yang inspirasinya memang dari ibu buruh gendong. Hal ini untuk mengingatkan bahwa kebaya dan kain itu identik dengan perempuan dan kelembutan. Cinta dan ketulusan. Juga semangat yang selalu besar.

Di samping permainan angklung, dalam acara ini juga kembali digelar fashion show dan tari oleh buruh gendong. “Kami kampanye kebaya. Kami lihat para ibu ini sudah jarang pakai kebaya. Jaman dulu buruh gendong pakai kebaya. Nah kami ingin mereka kembali mencintai baju warisan ibu dan nenek moyang kita, kebaya,” kata dia.

BACA JUGA: Bawa Sayuran hingga Burung, Ratusan Pedagang Pasar Ikut Fashion Show di Beringharjo

BACA JUGA: Terima Voucer, Ratusan Buruh Gendong Berbelanja di Pasar Kangen

Para buruh gendong tersebut rata-rata sudah berusia paruh baya. Untuk menyiapkan mereka, dilakukan latihan selama dua pekan yang diadakan di Kepatihan. Walaupun cukup sulit mengumpulkan para buruh gendong karena kesibukannya, namun menurutnya hasilnya cukup memuaskan.

Salah satu buruh gendong Pasar Beringharjo, Suyatni, menuturkan para buruh gendong awalnya minder untuk tampil. Namun karena kegigihan dari Perempuan Berkebaya Yogyakarta, para buruh gendong pun akhirnya tergerak untuk latihan hingga bisa main angklung.

“Untuk fashion show saya carikan orangnya yang tua-tua, biar ada kesannya dalam memperingati Hari Ibu. Saya memaknai Hari Ibu untuk mengenang bahwa jasa ibu itu sangat berharga, untuk keluarga, untuk anak, untuk kebersamaan,” katanya.

Suyatni sehari-hari bekerja sebagai buruh gendong di Pasar Beringharjo untuk mencari nafkah. Ia menjadi buruh gendong sudah cukup lama, sejak 1988 hingga sekarang. Di Beringharjo, totalnya terdapat 220 ibu yang menjadi buruh gendong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement