Advertisement

Jadi Jalan Penghubung Objek Wisata, LPJU di Jalan Imogiri-Dlingo Masih Minim

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 02 Januari 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Jadi Jalan Penghubung Objek Wisata, LPJU di Jalan Imogiri-Dlingo Masih Minim Ilustrasi LPJU. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.comBANTUL—Jalan Imogiri-Dlingo merupakan akses penghubung ke beberapa destinasi wisata di Bantul. Meski begitu, ketersediaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di ruas jalan tersebut masih minim. 

Sementara Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengakui jumlah LPJU di Jalan Imogiri-Dlingo masih minim. Saat ini menurut dia hanya ada 22 unit LPJU. Sementara jumlah kebutuhan mencapai 122 unit LPJU. 

Advertisement

Dia menyampaikan pada 2024 akan ada penambahan lima unit LPJU di Padukuhan Lungguh, Temuwuh, Dlingo. “Per unit anggaran Rp.25 juta [anggaran dari APBD DIY 2024]. Ada tambahan usulan lima unit lagi mudah-mudahan terpenuhi,” ujarnya. 

Lantaran jumlah kebutuhan LPJU masih tinggi, Ni Made mengaku pihaknya terus berupaya mengajukan usulan pengadaan LPJU secara bertahap.

Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengakui ruas jalan tersebut masih minim penerangan.

Dia menyampaikan tersebut merupakan jalan provinsi, sehingga kewenangan penambahan LPJU berada di Pemda DIY. Dia berharap Pemda DIY mengalokasikan penambahan LPJU untuk mendukung perkembangan pariwisata di daerah tersebut.  

“Kami berharap Dinas Perhubungan [Dishub] Provinsi [DIY] dapat berkoordinasi hingga ke Pusat, dapat disampaikan aksesibilitas terkait dengan jalan dan sebagainya agar Provinsi dapat memperbaiki fasilitas sesuai kewenangannya,” ujarnya ditemui, Selasa (2/1/2024). 

BACA JUGA: Jelang Libur Nataru, Dishub Perbaiki LPJU Rusak

Sementara Kepala PHRI Bantul, Yohanes Hendra mengeluhkan masih minimnya penerangan jalan di jalan tersebut. Dia mendorong agar ada penambahan LPJU di ruas jalan tersebut untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan (length of stay). “Kalau sudah lebih dari jam 20.00 WIB sudah tidak ada penerangan sama sekali, kami harus bikin wisatawan memiliki rasa aman, tidak khawatir dengan tindak kriminal,” ujarnya. 

Dengan meningkatkan kemudahan akses wisatawan untuk menjangkau beberapa destinasi wisata di Bantul, menurutnya dapat meningkatkan okupansi hotel dan length of stay di Bantul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement