Advertisement

Bantu Rumah Korban Longsor Samigaluh, Pemkab Siapkan 2 Skema Ini

Triyo Handoko
Minggu, 07 Januari 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Bantu Rumah Korban Longsor Samigaluh, Pemkab Siapkan 2 Skema Ini Kondisi terkini lokasi tanah longsor Kalurahan Gerbosari, Samigaluh. Jalan yang terputus kini sudah terbuka lagi, Minggu (7/1/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bantuan untuk memperbaiki rumah para korban tanah longsor di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh sudah disiapkan Pemkab Kulonprogo. Ada dua skema yang disiapkan Pemkab.

Kedua skema itu antara lain dengan menggunakan anggaran belanja tak terduga dan melalui Baznas lewat program RTLH.

Advertisement

Pejabat Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan dua skema itu sama-sama menungkinkan dan masih dalam pembahasan.

Ni Made menjamin Pemkab Kulonprogo akan memberikan bantuan perbaikan rumah tersebut. "Total yang kami data ada enam rumah yang akan dibantu sesuai temuan di lapangan kemarin," kata dia, Minggu (7/1/2023).

Made menjelaskan yang tengah diprioritaskannya kini adalah perbaikan talut yang menyebabkan tanah longsor mengenai dan merusak rumah warga. "Karena kalau tidak segera diperbaiki maka langsor akan bisa terulang di situ, karena penyebabnya talut yang jebol sehingga itu yang kami prioritaskan dulu," jelasnya.

Tanpa memperbaiki talut terlebih dahulu, lanjut Made, perbaikan rumah akan percuma karena potensi longsor masih cukup besar. "Setelah perbaikan talut nanti rumahnya diperbaiki, kami juga sudah minta dinas terkait untuk melakukan kajian perbaikan talut tersebut," kata dia.

Made juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kulonprogo untuk menanggulangi kejadian serupa di wilayah lain. "Kejadian seperti ini sebenarnya bisa ditanggulangi dan diantisipasi dengan melakukan pengecekan rutin talut, pohon, dan saluran irigasi. Kami juga imbau masyarakat agar juga aktif memitigasi, jika ada pohon besar di wilayahnya agar dipangkas agar tidak tumbang dan mengenai rumah atau menutup jalan," imbaunya.

BACA JUGA: Bencana Longsor di Kulonprogo, Belasan Warga Termasuk Balita Masih Mengungsi

Sementara itu kondisi terbaru di Pedukuhan Clumprit, Gerbosari yang beberapa waktu mengalami tanah longsor sudah berangsur membaik di mana jalan yang sempat terputus sudah terhubung lagi. "Jalan yang tertimbun longsoran sudah terbuka lagi, kondisi pengungsi juga baik," kata Panewu Samigaluh, Suryantoro.

Dia menyebut korban masih mengungsi untuk menghindari kejadian serupa. "Kami juga masih terus berjaga-jaga karena hujan terus turun tiap hari, kebutuhan warga yang mengungsi juga tercukupi dengan baik berkat berbagai pihak yang sudah membantu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement