Advertisement

Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Ini Sajian Menu Para Tamu Undangan

Yosef Leon
Rabu, 10 Januari 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Ini Sajian Menu Para Tamu Undangan Salah satu hidangan yang disajikan dalam acara Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman antara BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti pada Rabu (10/1/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman antara BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti menyajikan sejumlah makanan khas yang mungkin hanya bisa ditemukan pada saat resepsi acara. Dari sejumlah menu yang dihidangkan ada yang berasal sejak era Paku Alam 7. 

Ketua Bidang Adat dan Akomodasi Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman KRT Radyo Wisroyo mengatakan, hidangan yang dibagikan kepada para tamu undangan jenisnya sama antara undangan biasa dan tamu VVIP. Tidak ada perbedaan jenis antara yang disantap keluarga inti, tamu VVIP maupun undangan biasa. 

Advertisement

"Makanan yang kita hidangkan ke tamu dan keluarga serta tamu undangan sama semua. Tidak ada yang membedakan. Beliau (KGPAA Paku Alam X) ingin menghormati dan semua yang diundang itu tamu dan tidak dibedakan satu sama lain," ujarnya, Rabu (10/1/2024). 

Menurut Radyo Wisroyo, hidangan yang ditampilkan kepada tamu undangan ada yang mungkin sudah ditemui umum di masyarakat, tetapi ada pula yang hanya bisa ditemui di acara ini dan jejaknya sudah ada sejak era Paku Alam 7 serta terus menerus dijadikan menu pilihan saat Kadipaten Pakualaman menggelar Dhaup Ageng. 

"Secara umum tamu nanti dijamu, mereka hanya duduk tapi dilayani sehingga seperti masyarakat umum kenalnya piring terbang, jamuan makan di sini ada beberapa hidangan mukai dari pembuka, inti dan penutup," katanya. 

Sebelum masuk ke cepuri Pakualaman, tamu undangan akan lebih dulu disajikan dengan welcome drink berupa sereh dengan campuran jeruk nipis atau jahe dengan jeruk nipis. Kemudian dilanjutkan dengan menu pembuka berupa minuman khas dan snack awalan. 

"Minuman yang disuguhkan adalah minuman yang khas dan hampir setiap saat dari dulu adalah setup jambu," katanya. 

BACA JUGA: Puluhan Delegasi Kerajaan Nusantara Hadir di Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman

BACA JUGA: Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Pengantin Jalani Ritual Panggih

Lantaran resepesi acara berlangsung lama, maka menu yang disajikan juga berbeda-beda. Sebelum sajian menu utama, para tamu akan kembali dihidangkan makanan berupa kudapan. Kudapan yang disajikan ini merupakan menu khas dan langka lantaran sudah ada sejak era 1950 an silam. 

"Kudapan ini namanya Garulina, ini bukan makanan Jawa sebetulnya itu semacam lapis legit namun ada yang beda seperti lapisan khusus. Itu yang manis, ada juga kudapan kering berupa kacang dan juga ada yang gurih sebagai pendamping saja, semacam kroket dari ayam dan keju sebelum hidangan inti," jelasnya. 

Selanjutnya ada pula sajian sup yang sudah ada sejak era Paku Alam 7, 8, 9, dan 10. Makanan ini dinamai sup pindang serani yang rasanya asam gurih dan berbahan belimbing wuluh dan lain sebagainya. Daging yang digunakan berupa daging sapi untuk membuka hidangan utama.

"Setelah itu akan disajikan makanan utama berupa sekul ijem, ini ada daun jeruknya yang dipadukan dengan lauknya mangut. Namun masakan mangut ini bahannya ikan salmon. Kita padukan tradisional dengan menu yang modern dengan ikan yang lebih lunak," jelas dia. 

Hidangan mangut ikan salmon itu dipadukan dengan sajian bebek asap. Radyo Wisroyo menyebut ini memang sengaja menjadi pilihan paduan lantaran pada bebek yang telah diasapi akan muncul aroma khas dan sangat cocok disantap dengan pilihan bumbu pada mangut ikan salmon itu ditambah sayuran tumis dari berbagai jenis. 

"Menu utama lainnya itu kita hidangkan juga makan siang Sri Paduka Paku Alam 8 yakni uter-uter tahu yang dimasak dengan santan tapi santannya ada kocokan telur, juga ada potongan cabai hijau dan merah," jelasnya. 

Pada hidangan penutup, tamu undangan akan disajikan dengan es buah dan puding. "Makanan utama ditutup dengan es kita gunakan klengkeng, nanas tapi untuk tamu VVIP kita sajikan juga puding namanya puding ketan ya yang dipadukan dengan es krim," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement