Advertisement

Pengembangan Smart City di Gunungkidul Terus Digenjot

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 23 Januari 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Pengembangan Smart City di Gunungkidul Terus Digenjot Ilustrasi Smart city. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul baru saja menggelar Forum Smart City dan Kick Off Kinerja Berbasis Inovasi di Kantor Sekretariat Daerah, Selasa (23/1/2024). Forum tersebut menjadi upaya dialog untuk meningkatkan kualitas smart city melalui pembangunan smart village.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Setiyo Hartato mengatakan masih perlunya peningkatan keamanan data pribadi dan sumber daya manusia (SDM) teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Advertisement

"Terkait dengan penghargaan yang diterima dengan nilai 3,6 untuk smart branding, ke depannya menjadi evaluasi untuk pembenahan yang lainnya," kata Setiyo dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (23/1/2024).

Pembangunan smart city di Gunungkidul dapat dilihat melalui berbagai program inovasi seperti Sarujuk (Sistem Analisis Rekayasa Urusan Jurnalistik untuk Kemasyarakatan), Jarik Agung (Jaringan Infrastruktur Agawe Ungguling Gunungkidul), tim Berisik (Berbincang Asik soal Statistik).  "Tim Berisik ini juga menghasilkan Dopadu yaitu Data Olahan Persektor Terpadu," katanya.

BACA JUGA: Pemkab Gunungkidul Terima Penghargaan Smart City

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan forum smart city menjadi semangat peningkatan kinerja pemerintah dan pendorong enam dimensi terkait dengan smart city.

"Aplikasi perlu kami benahi dan sistem pengadaan barang dan jasa, juga peningkatan SDM dan perlu terus kita dorong agar Gunungkidul dapat dikenal ditingkat nasional bahkan internasional," kata Suhartanta.

Suhartanta menegaskan data olahan persektor terpadu dalam diikutkan dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dan mendapat penghargaan nasional.

Pembangunan smart village mencakup pemenuhan fasilitas internet di satuan pendidikan di Gunungkidul. Beberapa waktu lalu, Diskominfo juga telah memperbaiki jaringan internet di SDN Joho, Kalurahan Songbanyu, Girisubo.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta meminta akan OPD teknis untuk mengidentifikasi dan menindaklanjuti blank spot di Kalurahan Songbanyu. “Bagi Diskominfo segera ditindaklanjuti secepatnya terkait dengan blank spot ini," kata Sunaryanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh

News
| Senin, 29 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement