Advertisement

Akomodir Proyek Strategis, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kulonprogo Dikaji Ulang

Triyo Handoko
Selasa, 06 Februari 2024 - 05:27 WIB
Ujang Hasanudin
Akomodir Proyek Strategis, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kulonprogo Dikaji Ulang Petani mencabut benih untuk ditanam. - ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Lahan pertanian pangan berkelanjutan di Bumi Binangun yang tidak boleh dilakukan alih fungsi tengah dikaji. Pengkajian itu untuk mengakomodasi kepentingan pembangunan strategis.

Pengkajian itu dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo dengan mereview Surat Keputusan Bupati No. 510/2021 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. "Masih kami kasi dengan Sekda, belum ada hasil finalnya, kemungkinan akan berkurang tapi kami usahakan ada yang ditambah," jelas Kepala Bidang Penyuluhan dan Prasarana Pertanian DPP Kulonprogo, Heni Hernawati pada Senin (5/2/2024).

Advertisement

Proyek strategis pembangunan, jelas Heni, menjadi keniscayaan yang mesti didukung bersama. "Dukungan itu kami berikan dengan juga berusaha mempertahankan lahan pertanian yang ada, terutama meskipun akan berkurang tapi kami ada program cetak sawah tiap tahunnya sejak 2015 sampai 2023 kemarin sudah ada 340 hektar sawah baru berhasil diwujudkan," terangnya.

Perimbangan antara mendukung pembangunan dengan memastikan jumlah lahan pertanian tetap terjaga itu, menurut Heni, terus diupayakan dinasnya. "Sejauh ini kebutuhan lahan pertanian juga cukup tersedia dengan baik, kami juga terus mengupayakan peningkatan produktivitas pertanian yang ada," tuturnya.

BACA JUGA: Susun RPJPD 2025-2045, Kulonprogo Bangun Fly Over hingga Kembangkan Wilayah Utara

Peningkatan produktivitas pertanian di Kulonprogo itu diamini Kepala  Seksi Produksi, Bidang Tanaman Pangan, DPP Kulon Progo, Kirmi yang menyebut peningkatan pertanian itu tak hanya di lahan pertanian saja. "Seperti di pesisir Kulonprogo itu, lahan pasir sangat subur ditanami para petani untuk meningkatkan ketahanan pangan yang ada," ujarnya.

DPP Kulonprogo, jelas Kirmi, memiliki dua strategi untuk meningkatkan hasil pertaniannya yaitu ekstensif dan intensif. "Ekstensif ini perluasan lahan pertanian dengan program cetak sawah, termasuk menggunakan lahan non pertanian untuk bertani. Sedangkan yang intensif dengan menggenjot produksi di lahan pertanian itu sendiri dengan berbagai macam cara, terutama bantuan pupuk sampai bibit pertanian terbaik agar hasilnya meningkat," ucapnya.

Petugas penyuluh pertanian di Kulonprogo, lanjut Kirmi, juga rutin mengedukasi petani untuk terus menjaga lahan pertaniannya agar tidak mudah tergiur untuk dijual dan dialihfungsikan. "Sudah sangat sering kami sampaikan ke para petani untuk tetap menjaga lahan pertaniannya, prospek ekonomi bertani ini juga cukup lumayan juga," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement