Advertisement

Long Weekend, Forpi Jogja Ingatkan Pelaku Usaha Tidak Nuthuk

Ujang Hasanudin
Jum'at, 09 Februari 2024 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Long Weekend, Forpi Jogja Ingatkan Pelaku Usaha Tidak Nuthuk Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja mengingatkan kepada semua pelaku usaha untuk tidak tidak memanfaatkan momen libur panjang (long weekend) Isra Miraj dan Imlek 2024 ini untuk aji mumpung dengan menaikkan tarif di luar ketentuan atau nuthuk.

Anggota Forpi Kota Jogja, Baharuddin Kamba mengatakan berdasar pada pengalaman sebelumnya pada musim libur panjang di wilayah Kota Jogja kerap diwarnai aksi nuthuk oleh oknum juru parkir atau jukir ditempar-tempat yang ramai dikunjungi para wisatawan seperti kawasan Malioboro.

Advertisement

Tak jarang keluhan wisatawan terkait dengan aksi nuthuk tarif parkir ini disampaikan melalui media sosial. "Guna mengantisipasi terulangnya aksi nuthuk tersebut Forpi Kota Yogyakarta mengingatkan kepada juru parkir maupun pedagang kaki lima untuk tidak melakukan aksi nuthuk, memukul tarif di luar ketentuan. Jangan dijadikan aji mumpung," katanya, Jumat (9/2/2024).

Kamba mengaku Forpi Kota Jogja sudah sering mengingatkan para pemangku wilayah termasuk unit teknis terkait untuk melakukan pengawasan secara rutin agar dapat meminalimisir aksi nuthuk terjadi lagi. Selain itu kanal-kanal informasi dan pengaduan terkait tarif parkir, misalnya, disampaikan ke para wisatawan misalnya melalui radio Jogoboro.

BACA JUGA: Dishub Kota Jogja Bidik 3 Lokasi Parkir Liar dengan Tarif Nuthuk di Kawasan Malioboro

"Apabila ada keluhan dari para wisatawan segera ditindaklanjuti. Jangan nunggu viral di media sosial baru ada tindakan. Jika oknum jukir maupun PKL yang terbukti melanggar aturan yang ada, maka sanksi tegas harus diterapkan tanpa pandang bulu," ujarnya.

Kamba juga mengimbau kepada para wisatawan yang hendak membeli makanan ataupun kuliner alangkah baiknya menanyakan harga terlebih dahulu. Demikian pelaku usaha, termasuk PKL kuliner juga memasang tarif makanan atau minuman serta menjelaskan makanan tersebut satu paket atau sendiri-sendiri agar wisatawan tidak dirugikan.

"Jadikan momen libur panjang atau long weekend cuti bersama perayaan tahun baru imlek 2024 ini berkesan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bos Microsoft Satya Nadella Kunjungi Indonesia Bawa Investasi Rp28 Triliun, Ini Peruntukannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement