Advertisement

Puskesmas di Gunungkidul Buka Layanan On Call hingga Patroli ke TPS saat Pemungutan Suara

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 11 Februari 2024 - 06:17 WIB
Ujang Hasanudin
Puskesmas di Gunungkidul Buka Layanan On Call hingga Patroli ke TPS saat Pemungutan Suara Bilik suara Pemilu 2024 disalurkan. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul melalui Puskesmas akan mengaktifkan layanan on call ketika hari pemungutan suara Pemilu pada Rabu (14/2/2024). Layanan tersebut merupakan bentuk fasilitasi kesehatan kepada penyelenggara Pemilu.

Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Gunungkidul, Dyah Mayun Hartanti mengatakan Puskesmas di Gunungkidul akan siaga untuk layanan kesehatan dengan sistem patroli ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, petugas akan stand by layanan Unit Gawat Darurat (UGD) dan layanan on call.

Advertisement

“Layanan itu sesuai kebijakan Kepala Puskesmas. Jadi tergantung hasil koordinasi lintas sektor di masing-masing wilayah kerja. Nomor kontak petugas nanti dibagikan ke TPS untuk kesiapan komunikasi,” kata Mayun dihubungi, Sabtu (10/2/2024).

Mayun menambahkan khusus wilayah perkotaan, Dinkes akan mendapat bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dan Gunungkidul Emergency Service (GES). Selain itu, dia juga mengimbau agar klinik-klinik dapat memberikan layanan apabila dibutuhkan layanan kesehatan petugas TPS dengan pembiayaan normal.

BACA JUGA: 14 Puskesmas di Gunungkidul Berikan Layanan Telemedicine

Berkaitan dengan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS Kesehatan, Dinkes akan melakukan koordinasi dan membantu penyelenggara Pemilu yang belum menjadi peserta JKN.

“Terkait kepesertaan BPJS, petugas TPS yang non aktif [JKN-nya], kami komunikasikan dengan Dinsos dan Kesra untuk diaktifkan sesuai instruksi Pemerintah Pusat,” katanya.

Lebih jauhk, Mayun mengaku fasilitasi tersebut mendasarkan pada Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan No. HK.02.01/Menkes/133/2024 tentang Dukungan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

“Dinkes Kabupaten Gunungkidul akan berkoordinasi dengan Puskesmas, klinik dan rumah sakit via zoom besok Senin 12 Februari 2024,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement