Advertisement

Sultan Sebut Pemilu 2024 Bukan Hanya Pilihan Politik Tapi Juga Perilaku Budaya

Yosef Leon
Senin, 12 Februari 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sultan Sebut Pemilu 2024 Bukan Hanya Pilihan Politik Tapi Juga Perilaku Budaya Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam hitungan hari masyarakat Indonesia akan menghadapi Pemilu 2024 untuk memilih legislatif dan presiden, wakil presiden untuk periode 2024-2029.

Pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari mendatang diharapkan dapat memberikan pemimpin yang berkualitas dengan seluruh masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya.

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan momentum Pemilu harus diingat masyarakat sebagai peringatan demokrasi dengan tetap menjaga kedamaian dan persatuan. "Saya berharap kepada masyarakat Jogja seperti yang saya sampaikan kepada lurah dan yang lain, bagaimana kita bisa dalam Pemilu ini dengan rasa damai," kata Sultan, Senin (12/2/2024).

Sultan mengatakan Pemilu bukan hanya berbicara soal pilihan politik warga negara saja setiap lima tahun sekali. Namun juga sebagai perilaku budaya masyarakat secara keseluruhan.

"Pemilu bukan sekadar pilihan politik, tapi juga itu menjadi perilaku budaya bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya untuk demokratisasi," katanya.

Baca Juga

Pemilu 2024, Sultan HB X: Nyoblos Itu Hak Individu Biarpun Anak dan Istri

Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak dalam Pemilu 2024, Ini Tanggapan Sultan HB X

Sultan Tegaskan Peserta Pemilu 2024 Harus Taat dan Patuh Aturan

Maka dari itu, Pemilu yang cerminan demokratisasi akan kehilangan makna jika diwarnai dengan perpecahan dan disintegrasi. Sultan pun mengajak warga bersatu menjaga suasana Pemilu agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Pemilu itu demokratisasi bagian dari perilaku budaya masyarakat bukan untuk menghancurkan dan saling mengalahkan, bukan itu," kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok Prabowo Jadi Jenderal TNI, Diberi Kenaikan Pangkat Kehormatan oleh Presiden Jokowi

News
| Selasa, 27 Februari 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement