Advertisement

TPS UNIK, KPPS Ledok Pereng Maguwoharjo Gunakan Pakaian Tari Badui

Gigih M Hanafi
Rabu, 14 Februari 2024 - 08:37 WIB
Abdul Hamied Razak
TPS UNIK, KPPS Ledok Pereng Maguwoharjo Gunakan Pakaian Tari Badui Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 102 Ledhok Pereng RT 08 Ngawen, Ringinsari, Maguwoharjo Depok, Sleman mengenakan pakaian Penari Badui saat pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Gigih M Hanafi - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 102 Ledhok Pereng RT 08 Ngawen, Ringinsari, Maguwoharjo Depok, Sleman mengenakan pakaian Penari Badui saat pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Ketua KPPS TPS 102, Misbah mengatakan pengunaan pakaian adat tersebut sebagai bagian dari komitmen dan penghargaan untuk warisan budaya sekaligus upaya pelestarian budaya. Jogja, katanya terkenal sebagai Indonesia Mini dengan berbagai latar belakang suku.

Advertisement

"Tari Badui sendiri berasal dari Kabupaten Sleman menjadi salah satu dari warisan budaya tak benda Indonesia dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang telah mendapatkan penetapan sejak tahun 2017  dan masuk dalam domain Seni Pertunjukan," paparnya.

BACA JUGA: Viral Video Ratusan WNI di London Tak Bisa Mencoblos, Begini Respons Bawaslu RI

Jika mengacu pada konvensi UNESCO Tahun 2003 Convention for the safeguarding of Intangible Cultural Heritage, yang telah disahkan melalui Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2007 tentang pengesahan Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage.

Tari Badui termasuk dalam tarian folklasik atau tari rakyat yang berasal dari Kabupaten Sleman, merupakan tari religi, setelah mengalami modifikasi dan diselaraskan dengan tradisi dan kebudayaan, maka dikenal Tari Badui ini sebagai tari rakyat Sleman.

Tari Badui adalah salah satu jenis seni sholawatan yang lahir di kawasan pedesaan. Tari ini berisikan puji pujian pada Nabi Muhammad SAW, pementasan Tari Badui pada awalnya hanya dilakukan dalam rangkaian upacara peringatan Maulud Nabi SAW, namun saat ini Badui berkembang untuk hiburan.

"Kami menggunakan pakaian tari badui, karena kebetulan tari badui ini berasal dari Sleman. tetapi belum banyak masyarakat yang mengetahui. Oleh karena itu, kami menggunakan pakai ini, dengan harapa pemilih yang datang bisa mengetahui dan bertanya, oo ternyata ini pakaian tari badui yang berasal dari Sleman. Intinya lebih ke upaya pelestarian budaya, karena tari badui ini termasuk warisan budaya takbenda," ungkap Misbah.

Adapun kostum yang digunakan oleh penari Badui terdiri dari peci turki berwarna merah (panigoro) atau kuluk temanten berwarna merah dan ada kucirnya; baju atau kemeja lengan panjang; rompi; celana Panji; Kain (rampekan) stagen dan ikat pinggang; kaos kaki; dan sepatu putih; para penari Badui.

Panitia KPPS TPS 102 mengundang media massa, influencer untuk datang meliput aktivitas salah satu TPS Unik di Sleman dengan pakaian tari Badui serta Pengecekan Kesehatan, Photo Both. Lokasi TPS ini berada di Kolam renang dan resto Ledok Pereng, RT 08 Ngawen, Ringinsari, Maguwoharjo Depok, Sleman. Jika ingin ke lokasi Anda bisa mengklik google map ini https://maps.app.goo.gl/xPSgkMuHSjcy2SAz9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement