Advertisement

Rp20 Miliar Disiapkan untuk Merehabilitasi Gedung Sekolah di Kulonprogo

Triyo Handoko
Jum'at, 16 Februari 2024 - 18:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Rp20 Miliar Disiapkan untuk Merehabilitasi Gedung Sekolah di Kulonprogo Ilustrasi gedung sekolah yang rusak - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo menyiapkan anggaran sebanyak Rp20 miliar untuk merehabilitasi gedung-gedung sekolah yang rusak di wilayahnya. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan APBD 2024.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo  menjelaskan program rehabilitasi tersebut diusulkan pada akhir 2023 lalu. "Sudah kami usulkan lalu diterima anggarany sekitar Rp18 miliar sampai Rp20 miliar," kata Kepala Disdikpora Kulonprogo Arif Prastowo, Jumat (16/2/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Duh, Ada 11 Penyelenggara Pemilu Gunungkidul Jatuh Sakit dan Dilarikan ke RS

Target rehabilitasi sekolah, jelas Arif, juga menyasar gedung yang sudah berusia tua. "Sebagian yang akan direhabilitasi gedung sekolah yang dibangun sekitar 1980an, karena usia gedung yang sudah tua ini juga sudah sebagian rusak," ujarnya.

Kerusakan gedung sekolah yang akan direhabilitasi ini, menurut Arif, terutama atap, tembok, hingga sarana lainnya yang vital. "Total ada 18 gedung sekolah yang akan direhabilitasi pada 2024 ini," ungkapnya.

Rehabilitasi gedung sekolah di Bumi Binangun ini, lanjut Arif, mendesak dilakukan agar keamanan dan keselamatan proses belajar terjamin. "Sangat mendesak, sehingga harus dilakukan, kami memilih memang yang sangat prioritas dilakukan rehabilitasi," terangnya.

Arif merinci 18 sekolah tersebut meliputi tujuh SD, delapan SMP, dan tiga TK. "Menyebar di beberapa kapanewon, seperti Wates, Girimulyo, Samigaluh, dan lainnya," katanya.

BACA JUGA: Harga Gabah Kering Kulonprogo Mahal, Diduga Jadi Sebab Harga Beras Naik

Proses rehabilitasi ini, lanjut Arif, sekarang tengah masuk tahap konsultasi lelang. "Semuanya lewat proses tender kini masih konsultasi lelang, seger mungkin akan dilakukan rehabilitasi," paparnya.

Sekolah yang akan direhabilitasi itu, sambung Arif, dipastikan proses pembelajarannya akn tetap berjalan dengan baik. "Ada yang menggunakan ruang lain yang tidak direhabilitasi, ada yang pindah ke balai kalurahan, smeunaya melihat kondisi masing-masing dan sudah kami koordinasikan dengan pihak sekolah yang disasar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement